Kompas.com - 30/03/2021, 20:47 WIB
Sejumlah pakar mengatakan, butuh waktu sekitar 3-4 minggu untuk membangun kebiasaan baru, termasuk kebiasaan berolahraga setiap hari. Tapi, untuk membentuk gaya hidup, kita mungkin perlu waktu lebih lama dari itu. PEXELSSejumlah pakar mengatakan, butuh waktu sekitar 3-4 minggu untuk membangun kebiasaan baru, termasuk kebiasaan berolahraga setiap hari. Tapi, untuk membentuk gaya hidup, kita mungkin perlu waktu lebih lama dari itu.

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi jika banyak dari kita yang begitu sulit konsisten berolahraga.

Rasanya ada saja alasan yang membuat kita membatalkan rencana olahraga, entah kesibukan pekerjaan, merasa ngantuk, atau sekadar malas bergerak (mager).

Sebetulnya, membiasakan diri rajin olahraga setiap harinya tidak sesulit yang kita bayangkan.

Direktur kebugaran dan kesejahteraan dari Thomas Jefferson University East Fall, Toril Hinchman mengatakan, kuncinya asalkan kita mau rutin melakukan sesuatu setiap hari dan itu akan menjadi bagian positif dari gaya hidup kita.

"Olahraga apapun, berapa pun durasinya," kata dia, seperti dilansir Martha Stewart.

Baca juga: 10 Manfaat Tak Terduga dari Jalan Kaki Setiap Hari

Jika Anda sedang berusaha membangun rutinitas berolahraga tapi sulit mendapatkannya, lima tips berikut bisa membantu untuk lebih rajin berolahraga:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mencari motivasi

Kita bisa saja mencari banyak informasi olahraga di internet atau lini masa media sosial, tetapi perubahan gaya hidup yang sebenarnya adalah ketika diri kita terdorong untuk merealisasikannya ke kebiasaan harian.

Mendapatkan motivasi dari orang lain saja tidak cukup. Kita harus punya motif internal di dalam diri kita yang dapat mendorong kita untuk mau menjalani rutinitas itu.

"Temukan hal-hal seperti: "mengapa ini penting buat saya? Mengapa saya harus berubah sekarang?"," kata Hinchman.

Baca juga: Mengetahui Status Kesehatan Bisa Jadi Motivasi Berolahraga

2. Temukan rutinitas yang bisa dijalani

Membangun kebiasaan berolahraga tak harus dengan membeli treadmill atau sepeda statis mahal supaya diri kita terpaksa untuk berolahraga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X