Kompas.com - 05/04/2021, 13:54 WIB
Baekhyun EXO mengumumkan dirinya mengalami hipotiroid. Kondisi ini nyaris membuatnya batal debut bersama EXO. DOK SM ENTERTAINMENTBaekhyun EXO mengumumkan dirinya mengalami hipotiroid. Kondisi ini nyaris membuatnya batal debut bersama EXO.

KOMPAS.com - Baekhyun EXO dikabarkan mengidap penyakit hipotiroid selama 10 tahun debutnya bersama EXO.

Fakta tentang kesehatan Baekhyun baru terungkap sebelum ia menjalani wajib militer. Karena kondisi kesehatannya, Baekhyun bahkan nyaris batal debut bersama EXO.

Mengenal hipotiroid

Hipotiroid atau hipotiroidisme terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

Melansir Healthline, tiroid adalah kelenjar kecil yang letaknya di depan leher dan berfungsi melepaskan hormon untuk membantu tubuh mengatur serta menggunakan energi.

Tiroid bertanggung jawab menyediakan energi ke hampir setiap organ tubuh dan mengontrol fungsi seperti bagaimana jantung berdetak atau bagaimana sistem pencernaan bekerja.

Tanpa jumlah hormon tiroid yang tepat, fungsi alami tubuh dapat terhambat.

Kondisi ini lebih sering menyerang orang berusia 60 tahun ke atas, tetapi bisa dimulai pada usia berapa pun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi ini dapat diketahui melalui tes darah rutin maupun kemunculan gejala.

Menurut Verywell, pria penderita hipotiroid mungkin mengalami beberapa manifestasi gejala yang khas untuk jenis kelamin mereka, seperti penurunan jumlah sperma, hilangnya massa otot, dan disfungsi ereksi.

Sebuah ulasan pada 2018 yang diterbitkan dalam Sexual Medicine Review, misalnya, melaporkan bahwa 59-63 persen pria dengan dipotiroid mengalami penurunan libido, disfungsi ereksi, dan ejakulasi tertunda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X