Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2021, 14:07 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ramadan adalah waktu yang tepat untuk membersihkan jiwa selama sebulan penuh dari godaan dan hawa nafsu.

Pada bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan makan dan minum mulai dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa dipercaya dapat membawa manfaat baik untuk kesehatan.

Ketika berpuasa, asupan makan menjadi terbatas, dan hal ini bisa menghindarkan kita dari asupan makanan berlebih dan tidak sehat. Hasilnya, asupan makanan yang sehat akan memengaruhi kondisi wajah dan tubuh.

Namun, saat berpuasa asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi terbatas, sehingga dehidrasi kerap pula terjadi. Kekurangan asupan cairan dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya dehidrasi kulit.

Dehidrasi kulit merupakan kondisi di mana kadar air pada kulit tubuh dan wajah kurang dari jumlah yang dibutuhkan.

Dehidrasi kulit dapat menyebabkan tekstur kulit mengalami perubahan, elastisitas kulit menurun, dan dapat memicu garis-garis halus serta kerutan, terutama pada wajah. Beberapa gejalanya adalah kulit terasa kering, kasar, kusam dan bahkan bersisik.

Untuk menghindari serta mengatasi masalah ini, kita harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa dengan mengatur pola minum saat sahur dan berbuka.

Tidak hanya itu, upaya lain yang bisa dilakukan adalah melakukan hidrasi pada kulit dengan menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki sifat melembapkan, membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, serta terhidrasi kembali.

Produk pelembap (moisturizer) dan lotion menjadi produk yang berperan utama dalam mengembalikan kondisi kulit tubuh dan wajah saat dehidrasi.

Untuk menghindari kondisi dehidrasi kulit di bulan puasa, disarankan menggunakan produk pelembap atau moisturizer dengan formula yang ringan serta nyaman di kulit setiap harinya.

Baca juga: Cara Mudah Mengembalikan Kelembapan Kulit Wajah

“Hidrasi lebih dari sekedar melembapkan, sehingga perlu kandungan aktif seperti hyaluronic acid, ceramide, peptide, glycolic acid, Vitamin E, dan lain sebagainya untuk memaksimalkan kelembapan kulit," jelas Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia, perusahaan yang mebuat berbagai merek skincare dalam dan luar negeri.

"Kandungan bahan-bahan alamiah seperti Aloe vera, Swiss Alpine Rose, alpukat, semangka, mentimun, serta ekstrak sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya juga dapat digunakan dalam produk pelembap natural yang cocok untuk berbagai jenis kulit,” lanjutnya.

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit selama Ramadan tentunya akan bermanfaat dalam menciptakan kulit yang terlihat sehat, kenyal, dan bercahaya sehingga dapat tampil prima di Hari Raya Idul Fitri nantinya.

PT Cosmax Indonesia sebagai salah satu manufaktur kosmetik di Indonesia menggunakan teknologi terkini dalam mengembangkan produk-produk skincare dan makeup, tidak terkecuali produk lotion dan pelembap dalam berbagai formula, tekstur, serta hasil yang diinginkan.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa produk pelembap berkualitas yang telah dihasilkan bersama merk kosmetik lokal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, Hale, Raiku, Dewpre, dll.

Beberapa produk pelembap lokal buatan PT Cosmax antara lain Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel, Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream, Hale Comfort Zone Soothing Moisturizer dan Hale All Rounder Gel Cream Moisturizer.

PT Cosmax Indonesia bertekad untuk terus berinovasi dalam memproduksi lebih banyak produk pelembap dan produk skincare lainnya guna mendukung kebutuhan masyarakat dalam melakukan perawatan kesehatan kulit dan menjaga kelembapan kulit.

Baca juga: Tips Jaga Kelembapan Alami Kulit demi Cegah Penuaan Dini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com