Kompas.com - 04/05/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi mencukur bulu kemaluan shutterstockIlustrasi mencukur bulu kemaluan

KOMPAS.com - Bulu kemaluan ada manfaatnya, sehingga beberapa dokter tidak menyarankan kita untuk membabatnya sampai licin.

Namun bila tidak beraturan, bagian itu juga bisa merepotkan dan menjadi sarang kuman. Karenanya kita perlu merapikannya untuk memastikan area itu tetap bersih dan sehat.

Selama ini ada anggapan hanya wanita yang perlu menjaga area vitalnya karena berbagai alasan, terutama penampilan. Namun sebenarnya pria pun perlu merawat bagian tersebut termasuk dengan rutin memangkasnya.

Pasalnya, bulu yang tumbuh di dekat penis ini dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Karena itu, rambut kemaluan butuh perhatian yang sama seperti jenggot atau kumis.

Pria perlu memperhatikan benar cara mencukur buku kemaluan yang baik dan sehat agar tidak terjadi infeksi. Salah perlakuan bisa menyebabkan infeksi dan ruam yang tentunya tidak menyenangkan.

Baca juga: Pahami Dulu Manfaat Rambut Kemaluan, Sebelum Mencukurnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada tujuh hal penting yang harus diperhatikan ketika mencukur rambut kemaluan pria yakni:

  • Lakukan dalam posisi duduk

Kadang sulit menjangkau area tertentu untuk memastikan semua bagian tercukur dengan baik. Karena itu pria disarankan untuk memotong bulu pubisnya dalam posisi duduk.

Cara ini memberikan jangkauan yang lebih luas sehingga lebih leluasa menggerakkan gunting atau alat cukur. Selain itu, area tersebut akan terlihat jelas dan menekan risiko terluka saat bercukur.

  • Gunakan alat cukur yang berbeda

Bedakan alat cukur yang dipakai untuk rambut kemaluan dan rambut lain di area wajah. Alasannya tentu saja demi menjaga higienitas kedua wilayah yang berbeda itu.

Jangan lupa untuk mensterilkan alat cukur beberapa kali ketika sebelum dipakai. Bisa dengan menggunakan kapas yang diolesi alkohol atau produk after shave cukup banyak.

Halaman:


Sumber mensxp
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X