Kompas.com - 10/05/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi makan shutterstockIlustrasi makan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makan berlebihan dapat membahayakan kesehatan kita. Selain membuat perut terlalu penuh, hal ini menyebabkan perubahan komposisi tubuh secara keseluruhan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology mengatakan bahwa makan berlebihan kadang-kadang tidak menimbulkan efek samping apa pun.

Tetapi, jika dilakukan secara sering, makan berlebihan dapat memengaruhi berat badan, konsentrasi lemak, dan kadar gula darah.

Berikut ini adalah lima efek dampak buruk makan berlebihan bila dilakukan terus menerus:

1. Penumpukan lemak yang berlebihan

Makan berlebihan dapat memperlambat pencernaan kita. Pada gilirannya ini akan menyebabkan makanan tersimpan lama dalam perut dan diubah menjadi lemak ekstra di dalam tubuh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendapatkan lebih banyak nutrisi dari yang kita butuhkan juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

2. Dapat menyebabkan diabetes

American Diabetes Association mengatakan bahwa makan berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Makan berlebihan secara kronis menghentikan sel darah untuk mengubah glukosa darah menjadi energi dan mempersulit pengendalian kadar gula darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Baca juga: 7 Efek Berbahaya Makan Berlebih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X