Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2021, 09:15 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memiliki kulit wajah yang bersih dan terawat merupakan impian semua perempuan. Pasalnya, hal tersebut dapat berpengaruh besar terhadap kepercayaan diri mereka.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulitnya dengan melakukan berbagai macam perawatan menjadi kebiasaan setiap pagi dan malam hari.

Meski begitu, menjaga kesehatan kulit bukanlah perkara mudah. Terlebih, bagi Anda yang harus bekerja seharian di dalam ruangan yang menggunakan air conditioner (AC).

Aktivitas tersebut lama-kelamaan dapat berdampak buruk lantaran kelembapan udara dalam ruangan ber-AC lebih rendah. Kulit wajah dapat menjadi kering.

Tak hanya itu, kendala kulit kering juga dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti sering mencuci muka dengan air panas, memilih pembersih wajah tanpa memperhatikan kandungannya, hingga rutin mengonsumsi jenis obat tertentu.

Baca juga: 4 Rekomendasi Asupan Vitamin Harian untuk Pemilik Kulit Kering

Kulit kering dapat disertai masalah lanjutan yang mengganggu penampilan dan kenyamanan. Berikut Kompas.com rangkum masalah yang timbul saat kulit Anda mengalami kondisi kekeringan.

Kulit pecah-pecah

Kulit pecah-pecah merupakan salah satu keluhan umum yang sering terjadi ketika kulit berada dalam kondisi kering.

Kondisi tersebut kerap terjadi pada bagian tumit, jari, dan bibir. Hal ini sering ditandai dengan munculnya garis halus di sekitar area kulit.

Selain itu, kondisi kulit pecah-pecah juga bisa terjadi di area lain seperti pipi atau dahi. Tekstur flaky pada kulit wajah tersebut seringkali membuat make up sulit menempel.

Meski terlihat seperti garis biasa, kulit pecah-pecah juga dapat menyebar dan mengakibatkan luka jika terus dibiarkan.

Baca juga: Semakin Diminati, Yuk Kenali Tren “Clean Beauty”

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajah atau sabun mandi khusus dalam mengatasi permasalahan kulit kering.

Pastikan sabun tersebut juga tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang dapat mengurangi kelembapan kulit. Anda bisa memilih produk perawatan clean beauty yang biasanya tidak memiliki kandungan SLS, paraben, dan pewangi yang bisa memicu sensitivitas pada kulit.

Gatal dan mengelupas

Kulit kering seringkali menyebabkan rasa gatal sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat Anda ingin terus menggaruknya.

Akibatnya, kulit Anda jadi mengalami luka ataupun lecet. Hal ini tentunya bisa merusak penampilan kulit.

Ketika gejala tersebut muncul, ada baiknya Anda tak terlalu sering menggaruk kulit. Anda bisa menangani dengan cara lain seperti mengompres kulit dengan handuk kecil yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com