Kompas.com - 13/05/2021, 16:59 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan bahwa orang yang berjiwa muda atau merasa lebih muda dari usia sebenarnya dapat membuat hidup lebih sehat dan lebih lama.

"Individu yang merasa lebih muda tampaknya mendapatkan manfaat dalam berbagai aspek," jelas pemimpin penulis studi, Markus Wettstein.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 orang dewasa madya maupun lanjut usia (lansia) itu menemukan bahwa merasa lebih muda memberi efek perlindungan terhadap stres. 

Di satu sisi, pengurangan stres akibat persepsi diri merasa muda dapat diterjemahkan ke dalam manfaat fisik yang nyata, termasuk mencegah ancaman peradangan.

Merasa diri lebih muda juga dapat membentuk perilaku dengan cara positif, yang membantu menjaga kesehatan fisik dan mental tetap utuh.

Baca juga: Berjiwa Muda, Kunci Tingkatkan Kualitas Kehidupan Seks

"Individu yang merasa lebih muda terlibat dalam perilaku perlindungan kesehatan. Misalnya, mereka mungkin lebih aktif secara fisik daripada mereka yang tidak merasa terlalu muda," kata Wettstein.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, menganggap diri sendiri lebih muda mungkin juga menjadi kekuatan motivasi di balik pengembangan diri dan keinginan untuk meningkatkan kesehatan.

Metode studi

Usia rata-rata peserta penelitian adalah 64 tahun. Semua terdaftar dalam penelitian berkelanjutan yang lebih besar tentang penuaan dan kesehatan fisik, serta mental.

Selama tiga tahun, para peserta diminta untuk menunjukkan berapa usia mereka, seberapa besar stres yang mereka alami, dan seberapa baik mereka dapat melakukan aktivitas dasar sehari-hari.

Baca juga: Aktivitas Fisik Bukan Hanya Menyehatkan Tubuh, tapi Juga Mental

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X