Kompas.com - 26/05/2021, 13:12 WIB

KOMPAS.com - Melatih kekuatan otot tubuh juga bisa dilakukan di rumah. Apabila tidak ada peralatan yang memadai, kita bisa memanfaatkan benda-benda di rumah seperti galon air, kursi, atau meja untuk berlatih angkat beban.

Jangan lupakan untuk melatih tubuh bagian bawah, terutama kaki. Sebab, melatih tubuh bagian bawah akan membantu memperbaiki postur tubuh, serta membuat pekerjaan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Mari kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan untuk melatih tubuh bagian bawah, seperti dilansir laman Healthline.

Baca juga: Jenis Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Punggung

1. Squat

Squat adalah salah satu gerakan paling general yang dilakukan manusia. Gerakan ini menargetkan hampir semua otot di kaki dan batang tubuh. Squat terdiri dari:

-Bodyweight squats

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu. Tekuk pinggul dan lutut untuk menurunkan tubuh kita seolah-olah kita sedang duduk di kursi.

Saat paha kita sejajar dengan lantai atau lebih rendah, remas paha dan bokong dan kembali ke posisi berdiri.

- Goblet squat

Pegang barbel dengan kedua tangan setinggi dada. Letakkan kaki lebih lebar dari lebar bahu. Kemudian, buat posisi jongkok agar paha sejajar dengan lantai. Pertahankan batang tubuh dalam posisi lurus dan tegak, dan memusatkan berat badan di sekitar dada.

Baca juga: Squat Jump: Pengertian, Teknik, dan Manfaat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.