Kompas.com - 08/06/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi makan dimsum goreng dengan saus cocolan. PIXABAY/ Igor OvsyannykovIlustrasi makan dimsum goreng dengan saus cocolan.

KOMPAS.com - Terkadang kita makan secara berlebihan bukan cuma karena kelezatan makanannya, tapi juga besar kecilnya porsi dan kecepatan kita saat makan.

Ketika kita diberikan porsi makanan yang lebih besar, maka kita pun akan mengasup lebih banyak, yang berarti jumlah kalorinya juga tinggi.

Demikian kesimpulan studi terbaru, yang juga menemukan bahwa orang yang mengunyah makanannya dengan cepat cenderung makan lebih banyak.

Peneliti yang melakukan studi tentang hal ini, Paige Cunningham, mahasiswa doktoral di Pennsylvania State University, mengatakan temuannya ini memiliki implikasi pada kesehatan, terutama pencegahan kegemukan.

Baca juga: Ingin Diet Rendah Kalori, Bagaimana Tentukan Porsi Makan?

Metode studi

Penelitian tersebut melibatkan 44 pria dan wanita berusia antara 18 hingga 68 tahun, dengan dua pertiganya adalah perempuan. Sekitar 45 persen peserta mengalami kelebihan berat badan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti kemudian memberi mereka makaroni dan keju dalam porsi yang berbeda secara acak untuk menu makan siang selama empat minggu.

Peneliti juga merekam makanan tersebut sehingga mereka bisa menilai kecepatan para peserta saat makan dan ukuran gigitannya.

Baca juga: Benarkah Makan Pelan Bisa Buat Perut Lebih Cepat Kenyang?

Hasil dari penelitian tersebut adalah para peserta akan makan lebih banyak ketika mereka makan lebih cepat dibandingkan dengan peserta yang makan secara lambat.

Makan cepat membuat orang lebih banyak makan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X