Kompas.com - 14/06/2021, 18:08 WIB
Tidur tanpa celana dalam ternyata dapat menjaga kesehatan vagina. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOTidur tanpa celana dalam ternyata dapat menjaga kesehatan vagina.

KOMPAS.com - Mengubah kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari, seperti kebiasaan tidur tidak mudah dan memerlukan waktu. Apalagi, jika kita harus bangun lebih pagi ketimbang biasanya.

Namun, demi kesehatan mental ada baiknya kita menggeser jadwal tidur dan menyetel alarm sedikit lebih awal di pagi hari. Saran ini terutama bermanfaat pada mereka yang sering begadang.

Satu studi yang dimuat ke dalam jurnal JAMA Psychiatry menunjukkan, hal itu dapat membantu mencegah depresi dan memperbaiki suasana hati.

Studi tersebut dilakukan para peneliti di University of Colorado Boulder, Broad Institute of MIT, dan Harvard.

Baca juga: Berapa Jam Waktu Tidur yang Baik untuk Anak Sekolah, Remaja dan Dewasa?

Para peneliti mendapatkan wawasan tentang bagaimana seseorang dapat mengubah kebiasaan bangun tidur agar berdampak positif pada kesehatan mental.

Banyak studi sebelumnya menguatkan kaitan antara tidur dan kondisi kesehatan mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilaporkan Science Daily, satu studi observasional mengungkap orang yang suka tidur larut malam lebih mungkin menderita depresi ketimbang orang yang bangun pagi, terlepas dari durasi tidur yang diperoleh.

Namun para peneliti di University of Colorado Boulder ingin menyelidiki lebih jauh mengenai berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan untuk mengubah suasana hati.

"Kami mengetahui ada hubungan antara waktu tidur dan suasana hati, tetapi pertanyaan yang sering kami dengar adalah 'seberapa awal kita perlu mengubah kebiasaan tidur agar mendapat manfaatnya?'"

Begitu penjelasan penulis senior studi dan asisten profesor fisiologi integratif di University of Colorado Boulder, Celine Vetter.

Baca juga: Kurang Waktu Tidur Malam pada Pria Picu Risiko Alzheimer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X