Kompas.com - Diperbarui 06/09/2021, 08:43 WIB
ilustrasi teh jahe dengan lemon. SHUTTERSTOCK/Aboikisilustrasi teh jahe dengan lemon.

KOMPAS.com - Mengolah tanaman obat sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia.

Selain dijadikan bumbu dalam masakan, manfaat tanaman obat juga bisa dirasakan lewat berbagai cara, seperti dikonsumsi menjadi minuman, menjadi campuran bahan masakan, atau digunakan dalam bentuk minyak atsiri.

Apa itu tanaman obat?

Mengutip pemberitaan Kompas.com (13/6/2020), tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanamannya, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal.

Baca juga: 10 Tanaman Obat Populer yang Bisa Ditanam Sendiri

Di masa pandemi seperti saat ini, manfaat tanaman obat juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jahe

Selain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut.PIXABAY/JOSEPH MUCIRA Selain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut.
Jahe (Zingiberaceae) banyak digunakan untuk produk obat tradisional dan diklaim dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit.

Menurut buku Jahe yang ditulis oleh Hesti Dwi Setyaningrum dan Cahyo Saparinto (2013), jahe yang diolah menjadi jamu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit degeneratif, penurunan daya tahan tubuh, hingga penurunan vitalitas.

Rimpang jahe memiliki kandungan vitamin A, B, C, lemak, protein, pati, dammar, asam organik, oleoresin (gingerin), hingga minyak terbang (zingeron, zingerol, zingeberol, zingiberin, borneol, sineol, dan feladren).

Selain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.