Kompas.com - 29/07/2021, 07:12 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

KOMPAS.com – Lokasi acara, katering, maskawin, dekorasi, gaun, dan administrasi merupakan daftar panjang yang harus disiapkan calon pengantin beberapa bulan bahkan tahun sebelum melangsungkan pernikahan.

Saking sibuknya, mereka kerap tidak menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan pranikah atau premarital check up dan vaksinasi. Padahal, kedua hal tersebut merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit yang mungkin timbul ketika menikah.

Sebagai langkah pencegahan penyakit sekaligus menciptakan Generasi Bersih dan Sehat (Genbest), berikut 5 jenis vaksinasi yang perlu dilakukan calon pengantin.

1. Vaksin HPV

Human papillomavirus (HPV) merupakan virus yang menyebabkan infeksi di permukaan kulit dan berpotensi menimbulkan kanker leher rahim pada wanita dan penyakit kutil kelamin pada pria.

Virus HPV dapat menular melalui kontak langsung dan hubungan seksual. Oleh karena itu, vaksin ini penting diberikan kepada pasangan calon pengantin.

(Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Sebelum Merencanakan Kehamilan)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian vaksin HPV pada anak perempuan sejak usia 9 tahun dengan jeda waktu satu tahun.

Sementara pada orang dewasa atau yang telah aktif secara seksual, vaksinasi HPV dilakukan tiga kali dengan interval dua bulan antara vaksinasi pertama dan kedua serta interval 6 bulan antara vaksinasi kedua dan ketiga.

2. Vaksin hepatitis B

Vaksin Hepatitis B mengandung antigen permukaan virus hepatitis B (HBsAg) yang sudah dinonaktifkan. Vaksin ini akan menciptakan sistem kekebalan tubuh dengan menghasilkan antibodi.

Antibodi tersebut berfungsi untuk melawan virus hepatitis B yang berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya, seperti sirosis dan kanker hati.

Sebagai informasi, vaksin hepatitis B termasuk vaksin dasar yang diberikan kepada bayi yang baru lahir hingga berusia 5 tahun.

(Baca juga: Ibu Harus Tahu, Imunisasi Ini Harus Diulang Saat Anak Remaja)

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.