Kompas.com - 29/07/2021, 15:48 WIB
Ilustrasi penulisan sejarah THINKSTOCKS/MICHAIL PETROV 96Ilustrasi penulisan sejarah
|


Anak perusahaan Kompas Gramedia, Rekata Studio yang menaungi platform menulis online, GWP, menandatangani perjanjian first look deal dengan Sinemart Indonesia.

Deal ini memberi Sinemart hak untuk memilih dan memproduksi naskah-naskah di www.GWP.id yang mengikuti lomba TWS 2021.

Selama 5 tahun terakhir GWP mengadakan kompetisi menulis secara online di situsnya, yang diberi nama The Writer’s Show (TWS).

Ini adalah mencari bakat-bakat penulis novel fiksi di internet. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel melalui 7 penerbit Gramedia, yaitu Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Bhuana Ilmu Populer (BIP), m&c!, dan Penerbit Buku Kompas.

Baca juga: Tips Riset untuk Menulis Novel agar Menarik

Ekosistem digital juga memudahkan penerbit untuk menemukan bibit-bibit calon penulis novel melalui berbagai platform menulis online. Jangan salah, tulisan-tulisan kita di internet yang mungkin berawal dari sebuah keisengan bisa berbuah cuan!

Sementara itu pecinta film dan sinetron Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan Sinemart. Sinemart adalah sebuah production house dari Indonesia di bawah naungan Surya Citra Media.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sinetron, Sinemart juga merambah ke web series seiring berkembangnya platform streaming online.

Beberapa web series Sinemart yang bisa disaksikan di Vidio.com adalah “Girls in the City”, “Omen”, dan “Love is (Not) Blind”.

Juga sinetron yang diangkat dari novel Gramedia Pustaka Utama, Badai Pasti Berlalu karya Marga T, dan Dari Jendela SMP karya Mira W. yang juga bisa disaksikan di SCTV dan Vidio.com

Kolaborasi Sinemart dengan GWP membuka lebih banyak kesempatan bagi Sinemart untuk mencari cerita menarik yang bisa diangkat menjadi film ataupun web series.

Harapannya, para talenta muda Indonesia semakin semangat untuk bisa berkompetisi dan berkreasi melalui penulisan cerita fiksi.

Baca juga: Seri Novel Romantis yang Diadaptasi Menjadi Film, Bikin Baper!

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.