Kompas.com - 29/07/2021, 15:59 WIB
Atlet sepeda asal Austria, Anna Kiesenhofer. Olympic.comAtlet sepeda asal Austria, Anna Kiesenhofer.

KOMPAS.com - Anna Kiesenhofer, atlet sepeda wanita asal Austria, mengejutkan dunia ketika berhasil meraih medali emas di nomor Road Race di Olimpiade Tokyo.

Namanya tak dikenal, apalagi jika dibandingkan pesaingnya seperti Annemiek van Vleuten atau Elisa Longo Borghini yang lebih kondang di dunia sepeda.

Anna bahkan tergolong amatir karena baru memulai karier profesional sepedanya sejak 2017 lalu.

Meski demikian, ia membuktikan diri menjadi yang terbaik dalam menempuh jarak 147 kilometer, di tengah panas terik dan kelembaban, dan berhasil meraih medali emas olimpiade untuk Austria, pertama kalinya sejak 1896.

Baca juga: Balap Sepeda Olimpiade Tokyo 2020, Masih Ada Sisa Insiden Tour de France

Kemenangannya bahkan tergolong dramatis, ia melaju jauh di depan, bersepeda solo meninggalkan pesaingnya di jarak 40 kilometer terakhir.

Hasilnya, ia finish kurang dari empat jam, hingga satu menit 15 detik lebih cepat dari van Vleuten, atlet unggulan asal Belanda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jarak yang dibuat Anna cukup jauh sehingga van Vleuten sempat mengira ia menjadi orang pertama yang finish di lintasan.

Prestasi Anne sangat mengesankan sehingga ia jadi buah bibir media di seluruh dunia. Namun yang paling mengagumkan, Anne melakukan sendiri semua persiapannya untuk berlaga di pesta olahraga terbesar dunia itu.

Persiapan mandiri

Wanita berusia 30 tahun ini merupakan mastermind untuk semua aspek persiapannya untuk berkompetisi. Melatih fisik dirinya, memilih taktik, mengatur nutrisi yang harus masuk ke tubuhnya mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, semua dilakukannya sendiri.

Kemandirianya sangat tidak biasa karena atlet lainnya umumnya dibantu oleh pelatih, ahli nutrisi dan tim teknis lainnya untuk mempersiapkan performanya.

Baca juga: Mengenal Twisties, Gangguan Psikologis Simone Biles Saat Olimpiade

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.