Kompas.com - 21/08/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Otak menjadi salah satu bagian organ yang sangat penting bagi tubuh. Mulai dari membantu fungsi kognitif hingga mengatur suasana hati.

Oleh sebab itu, apa pun yang baik untuk tubuh juga baik untuk otak.

Misalnya, banyak berolahraga, mengurangi stres dan alkohol, tidak merokok, serta mengonsumsi makanan sehat, adalah kunci dalam menguatkan otak. 

Di samping itu, menurut ahli nutrisi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, Dr Uma Naidoo, MD, suplemen makanan juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

Baca juga: Catat, Pencernaan Sehat Pengaruhi Otak Anak

"Suplemen terbaik untuk otak adalah suplemen yang mengandung nutrisi yang mungkin sulit didapat melalui diet harian," kata dia.

Tetapi, sebelum mengonsumsi suplemen otak,  Dr Naidoo juga menyarankan untuk  berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui apakah kita kekurangan nutrisi tertentu atau tidak.

Nah, bagi yang sudah teridentifikasi kekurangan nutrisi, beberapa suplemen berikut ini dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak.

1. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin larut dalam lemak yang terkenal untuk mendukung tulang yang kuat dan padat bertindak sebagai neuro-steroid.

Sehingga, vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan dan mengontrol pelepasan faktor pertumbuhan saraf (NGF).

Kondisi ini penting untuk fungsi neuron di hippocampus atau area otak yang bertanggung jawab untuk fungsi kognitif.

Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.