Kompas.com - 25/08/2021, 11:24 WIB
Ilustrasi suplemen vitamin D SHUTTERSTOCK/FestaIlustrasi suplemen vitamin D

KOMPAS.com - Memasuki usia 50 tahun, tubuh kita akan menunjukkan penurunan fungsi. Risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker, dan masalah kesehatan lain mulai menghantui.

Hal ini bisa dicegah jika kita menerapkan pola hidup yang sehat, baik berolahraga, makan makanan sehat, serta memenuhi kebutuhan vitamin D.

Ketika berjemur di bawah sinar matahari, kita bisa memeroleh asupan vitamin D.

Namun, paparan sinar matahari membuat kapasitas kulit kita untuk memproduksi vitamin D berkurang jauh, hanya sekitar 25 persen dari kapasitas kulit orang yang masih muda.

Jalan lain yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin D, yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Seperti:

Baca juga: 4 Risiko akibat Tak Minum Suplemen Vitamin D

1. Tulang yang lebih kuat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko osteoporosis meningkat saat kita berada di usia 50 tahun. Suplemen dengan kandungan vitamin D bisa menjaga kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Wanita yang sudah melewati masa menopause perlu berfokus pada kesehatan tulang, karena risiko patah tulang akan meningkat.

2. Mengurangi depresi

Depresi dikaitkan dengan peningkatan risiko bunuh diri, serta penurunan fungsi fisik, kognitif, dan sosial. Semua hal ini berpotensi meningkatkan angka kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.