Kompas.com - 31/08/2021, 10:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak hanya paparan sinar matahari dan malas mencuci muka saja yang dapat merusak kulit, tetapi pilihan makanan yang kita konsumsi pun dapat menjadi salah satu faktornya.

Diketahui, ada makanan tertentu yang dapat menyebabkan jerawat, bahkan bisa mempercepat munculnya garis-garis halus dan kerutan.

"Kita semua tahu bahwa lingkungan, gen, dan rutinitas perawatan dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit kita,"

"Yang kurang diketahui adalah bahwa makanan yang kita makan juga berperan dalam penampilan kulit," jelas Michele Green, MD, dokter kulit kosmetik.

"Ketika kita melihat lebih dekat soal hubungan antara kesehatan kulit dan pola makan, ternyata ada beberapa makanan yang lebih berbahaya daripada yang kita sadari," jelasnya.

"Makanan cepat saji, produk susu, gula dan cokelat, dan makanan yang digoreng semuanya berpotensi menyebabkan pembentukan garis-garis halus, kerutan, jerawat, dan warna kulit tidak merata," kata Dr. Green.

"Beberapa makanan yang mungkin paling kita sukai ada baiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk menjaga kulit tampak muda, sehat, dan bercahaya."

Baca juga: Makanan yang Bikin Jerawat Tambah Parah

Nah, berikut ini adalah makanan yang dapat berdampak kurang baik untuk kulit kita.

1. Daging olahan

"Daging olahan mengandung lemak jenuh dan nitrat dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan peradangan," kata Yoram Harth, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur medis MDacne.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.