Kompas.com - 13/09/2021, 20:09 WIB
Bersepeda disebut bisa menjadi salah satu pilihan yang baik dalam usaha menurunkan berat badan. Baik itu bersepeda di dalam ruangan, maupun di luar ruangan. ShutterstockBersepeda disebut bisa menjadi salah satu pilihan yang baik dalam usaha menurunkan berat badan. Baik itu bersepeda di dalam ruangan, maupun di luar ruangan.

KOMPAS.com - Bersepeda di luar ruangan tidak hanya bisa menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan, tetapi juga membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Sebab, bersepeda di luar ruangan dapat memompa jantung, membangun otot, meningkatkan metabolisme, dan menghilangkan stres yang mendukung penurunan berat badan yang sehat.

Bersepeda di luar ruangan juga merupakan aktivitas aerobik yang dapat dianggap sebagai latihan intensitas sedang atau tinggi, -tergantung pada seberapa cepat kita mengayuhnya.

Baca juga: Ride for a Good Cause, Bersepeda Sambil Berdonasi

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bersepeda lebih lambat dari 16 km per jam di medan datar adalah "intensitas sedang".

Intensitas tersebut akan meningkatkan laju pernapasan, tetapi masih memungkinkan kita untuk mengobrol.

Bersepeda 16 kilometer per jam atau lebih cepat di rute perbukitan -dengan pernapasan yang lebih sulit- itu tandanya kita memasuki wilayah intensitas yang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mengendarai sepeda adalah latihan low dan high-impact yang mencakup semua tingkat kebugaran."

Demikian penuturan pelatih pribadi sekaligus spesialis perawatan dan pendidikan diabetes (CDCES) di Sweat Fitness Studios di Chicago, Sara Fruendt.

"Aktivitas ini juga lebih baik pada persendian dan bagus untuk atlet yang pulih dari cedera," sambung dia.

Perbedaan bersepeda di dalam dan di luar ruangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.