Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2021, 20:02 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Meski aktivitas di luar rumah serba terbatas, tetapi minat masyarakat Indonesia untuk membeli makanan dari restoran tetap tinggi berkat jasa pesan antar makanan secara online.

Dari beragam jenis makanan yang tersedia, ternyata konsumen Indonesia paling senang dengan menu olahan ayam. Faktanya, di tahun 2020 ada lebih dari 42 juta hidangan dengan bahan dasar ayam yang dipesan saat makan siang.

Demikian menurut Laporan Tren Makanan dan Minuman 2021 yang diluncurkan oleh GrabFood dan melibatkan para ahli di bidang kuliner di Asia Tenggara.

Pandemi juga berpengaruh pada gaya hidup konsumen yang kini lebih memperhatikan kesehatan. Menurut survei yang dilakukan NielsenIQ bersama dengan Grab kepada 13.000 responden, diketahui 7 dari 10 konsumen ingin makan sehat secara teratur.

Bahkan, 70 persen responden mengaku rela mengeluarkan uang lebih untuk makanan sehat, terutama pada mereka yang berusia 25-44 tahun. 

Baca juga: Awas, Jangan Makan Ayam Geprek dengan Es Teh Manis

Ilustrasi GrabFoodDok. GrabFood Ilustrasi GrabFood

Fakta menarik lain adalah rata-rata konsumen mengeluarkan anggaran membeli paket makanan terbesar untuk makan malam, yaitu sekitar Rp 37.000 – Rp 39.000, sedangkan untuk makan siang sekitar Rp 34.000 – Rp 36.000.

Selain untuk waktu makan utama, konsumen Indonesia juga senang membeli camilan di sore hari, dengan teh susu cokelat hazelnut menjadi pesanan terpopuler. Minuman ini dipesan setiap 10 detik.

Menu camilan lain yang tak kalah favorit adalah mi goreng pedas, udang rambutan, kopi susu, dan ayam geprek. Sementara itu, martabak dipesan hampir 7 juta orang di tahun 2020.

Baca juga: 3 Tips Ngemil Aman Saat Bekerja dari Rumah, demi Jaga Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com