Kompas.com - 17/09/2021, 21:22 WIB
Instalasi Sepatu Compass di Jakarta compassInstalasi Sepatu Compass di Jakarta
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hari-hari ini kita akan menjumpai sepatu Compass berukuran raksasa di berbagai tempat di Jakarta, diantaranya di GOR Velodrome, Lapangan Banteng, dan Kawasan Sudirman. Ada apakah?

Rupanya pemandangan itu merupakan kegiatan pre-event dari Festival Kolaborasi Jakarta yang akan diselenggarakan pada Desember 2021 nanti. Pameran instalasi rencananya akan dipajang selama 10 hari, mulai tanggal 16 September hingga 26 September 2021.

Instalasi Sepatu Compass di Jakarta              compass Instalasi Sepatu Compass di Jakarta
Festival Kolaborasi Jakarta (sebelumnya disebut Jakarta Development Collaboration Network atau JDCN) diselenggarakan setiap tahun, terdiri dari berbagai rangkaian acara diantaranya diskusi, kompetisi, forum internasional yang akan membahas beragam topik penting tentang kota.

Pihak Compass menyebutkan bahwa instalasi kolaborasi Compass x XPRESI ini bertujuan memberikan semangat kepada sesama dan menjadi simbol kebangkitan dan pergerakan yang lebih besar untuk kemajuan industri kreatif.

Instalasi ini merupakan bentuk keresahan kami terhadap situasi yang melanda industri kreatif saat ini, di mana lingkup kebebasan ekspresi terbatas. Tetapi kita harus bisa selalu berkarya dan berpegangan tangan bersama untuk maju dan bangkit," ujar Aji Handoko, Creative Director Sepatu Compass.

"Jika mengunjungi instalasi itu, para pengunjung bisa melakukan scan barcode dan kemudian telusuri informasi surat terbuka yang ada di instalasi tersebut,” lanjutnya.

Instalasi Sepatu Compass di JakartaCompass Instalasi Sepatu Compass di Jakarta
Menurut Aji, sepatu Compass berkolaborasi dengan Bank Central Asia Tbk BCA dan didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jakarta Experience Board (PT Jakarta Tourisindo) dalam kegiatan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara menanggapi berbagai pertanyaan yang beredar, asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, sekaligus Ketua Festival Kolaborasi Jakarta, Sri Haryati, menegaskan instalasi sepatu raksasa ini adalah program kolaborasi yang tidak menggunakan APBD.

“Semoga instalasi ini dapat menjadi menarik perhatian masyarakat sehingga tergerak untuk mencari informasi dan terlibat dalam rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta bulan Desember mendatang,” ujarnya.

Instalasi Sepatu Compass di Jakartacompass Instalasi Sepatu Compass di Jakarta
Instalasi seni dilengkapi QR Code yang dapat dipindai sehingga masyarakat dapat membaca surat terbuka yang ditujukan bagi para pejuang kreatif.

Surat ini berisi ajakan kepada seluruh elemen terutama para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa melakukan pendekatan Adaptasi, Inovasi dan kolaborasi untuk dapat bertahan di masa sulit.

Para pelaku kreatif dituntut untuk mencari platform baru sebagai media berekspresi walaupun berada di tengah suasana pandemi yang serba dibatasi.

Diharapkan instalasi sepatu raksasa yang hadir di beberapa titik di Ibukota ini dapat menjadi hiburan dan memotivasi masyarakat untuk membuat gerakan-gerakan kolaborasi yang lebih besar.

Baca juga: Sepatu Compass x Fxxkingrabbits Rilis Ulang, Harganya Melambung di Pasaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.