Kompas.com - 20/09/2021, 12:13 WIB
Cara menurunkan berat badan menjadi hal yang begitu menantang bagi orang usia 40 tahun. FREEPIK/VALERIA_AKSAKOVACara menurunkan berat badan menjadi hal yang begitu menantang bagi orang usia 40 tahun.

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi seiring bertambahnya usia, termasuk ketika menginjak usia 40 tahun.

Menginjak usia 40 tahun, sebagian orang mulai merasa berat badannya lebih susah turun daripada di usia yang lebih muda.

Seperti dikutip oleh Kompas.com (15/09/2021) dari Healthline, penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun bisa bervariasi, termasuk adanya faktor gentik.

Namun, menurut Healthline, penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun utamanya adalah karena metabolisme tubuh yang melambat seiring bertambahnya usia.

Faktor lainnya juga termasuk perubahan hormon, terutama pada wanita jelang menopause.

Selain itu, faktor terkait gaya hidup juga bisa menjadi penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun. Pria dan wanita cenderung lebih stres dan memiliki tantangan fisik lebih untuk berolahraga memasuki usia 40 tahun daripada ketika mereka lebih muda.

Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Susah Turun di Usia 40 Tahun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun ke atas

Meski menurunkan berat badan di usia 40 tahun ke atas sulit diwujudkan bagi sebagian orang, bukan berarti target itu tak mungkin untuk dicapai.

Berikut sejumlah cara menurunkan berat badan untuk usia 40 tahun ke atas yang bisa coba diterapkan. Beberapa kebiasaan berikut terbilang sepele, namun bisa memberikan hasil maksimal jika dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang:

1. Sesuaikan pola makan

Salah satu cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun adalah dengan menyesuaikan kembali jumlah kalori dan pola makan. Sebab, metabolisme tubuh akan semakin menurun ketika memasuki usia 40 tahunFREEPIK/SENIVPETRO Salah satu cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun adalah dengan menyesuaikan kembali jumlah kalori dan pola makan. Sebab, metabolisme tubuh akan semakin menurun ketika memasuki usia 40 tahun
Metabolisme tubuh akan semakin menurun ketika memasuki usia 40 tahun. Untuk menyesuaikannya, penting untuk mengatur kembali pola makan dan memerhatikan jumlah kalori yang diasup.

Direktur Center for Lifestyle Medicine di Northwestern Medicine Center di Chicago, Dr Robert Kushner menyarankan untuk memilih makanan bernutrisi rendah kalori untuk membantu menjaga kita tetap kenyang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.