Kompas.com - 23/09/2021, 06:26 WIB
Joe Delaney memeragakan satu sesi latihannya dalam sebuat video di Youtube REPRO BIDIK LAYAR VIA YOUTUBE @Joe DelaneyJoe Delaney memeragakan satu sesi latihannya dalam sebuat video di Youtube

KOMPAS.com - Banyak pria ingin membangun otot yang padat dan kuat untuk memperbaiki penampilan, sekaligus menunjukkan tubuh yang sehat.

Tetapi, membangun otot tidaklah mudah. Untuk itu perlu ada keseimbangan energi dari makanan yang dikonsumsi dan latihan yang tepat.

Seorang YouTuber yang juga binaragawan (bodybuilder), Joe Delaney mengungkapkan, 90-95 persen dari kemajuan dalam membangun otot terletak pada konsistensi.

Baca juga: Perlukah Menambah Beban Ekstra untuk Membangun Otot?

"Bagi kebanyakan orang yang terbaik adalah fokus pada aspek-aspek pengembalian investasi optimal atas waktu dan upaya yang telah dikeluarkan," sebut dia.

Nah, untuk itu, dia pun membagikan lima tips penting dalam proses membangun otot yang kuat.

1. Mempertahankan surplus kalori

Delaney mengatakan, yang pertama dan terpenting dalam membangun otot adalah mempertahankan surplus kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, terlepas dari apa pun yang kita lakukan, seberapa keras atau sering kita berlatih, kita tidak dapat membuat sesuatu dari nol lagi.

"Kita memerlukan beberapa kalori yang tersisa untuk memungkinkan proses pembentukan otot terjadi dengan menciptakan sobekan kecil di serat otot selama pelatihan."

"Koyakan kecil pada otot tersebut yang kemudian tumbuh kembali lebih besar seiring berjalannya latihan," sebut dia.

2. Kecukupan volume, frekuensi, dan intensitas

Bicara soal volume, Delaney menjelaskan, kita harus melihatnya sebagai kuantitas yang menjadi ukuran berapa set kerja setiap minggunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.