Kompas.com - 24/09/2021, 14:54 WIB
Bagi mereka yang mengidap trypanophobia, melihat jarum suntik menjelang vaksinasi pun sudah bisa memicu ketakutan yang luar biasa. Phobia jarum semacam ini bisa ditangani atau pun disiasati dengan sejumlah langkah. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOBagi mereka yang mengidap trypanophobia, melihat jarum suntik menjelang vaksinasi pun sudah bisa memicu ketakutan yang luar biasa. Phobia jarum semacam ini bisa ditangani atau pun disiasati dengan sejumlah langkah.

KOMPAS.com – Takut pada jarum suntik kerap dijadikan alasan seseorang untuk menghindari vaksinasi Covid-19.

Padahal, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, vaksinasi juga kerap dijadikan syarat untuk memasuki atau mengikuti suatu acara, membuat vaksinasi menjadi hal “wajib.”

Kendati demikian, tak dapat dipungkiri, orang yang takut jarum suntik memang benar-benar ada. Bahkan, ada yang rasa takutnya sudah mencapai tahap fobia, alias trypanophobia.

Baca juga: Takut Jarum Suntik Berlebihan, Waspadai Trypanophobia

Penderita trypaphobia akut bisa pingsan saat melihat jarum suntik, atau saat melihat darah diambil, baik di badannya sendiri atau orang lain.

Lalu, detak jantungya akan semakin kencang sementara tekanan darahnya menjadi turun karena stres parah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, tak jarang penderita trypanophobia mau disuntik atau divaksinasi akibat merasa malu dan takut dihina atau dicap “cengeng.”

Lantas, bagaimana mengatasinya? Apa penyebabnya? Apakah mereka bisa disembuhkan?

Penyebab trypanophobia

Istilah trypanophobia muncul pada tahun 1994, setelah American Psychiatric Association's Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders memasukkan ketakutan akut akan jarum suntik ke dalam daftar fobia.

Trypanophobia akut dapat membuat seseorang memiliki reaksi ketakutan ekstrim, sampai-sampai ia ketakutan saat anak atau hewan peliharaannya menerima injeksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.