Kompas.com - 06/10/2021, 08:32 WIB
Seseorang bisa mengudap sajian manis, makanan berlemak dan serba berminyak, dan bisa tetap memiliki tubuh yang kurus. Unsplash/Icons8 TeamSeseorang bisa mengudap sajian manis, makanan berlemak dan serba berminyak, dan bisa tetap memiliki tubuh yang kurus.

KOMPAS.com - Tubuh kita memang butuh lemak yang berfungsi sebagai bahan energi dan menjaga kesehatan. Namun, jika kita menyimpannya terlalu banyak daripada yang dibutuhkan, ada pengaruh negatifnya bagi kesehatan, salah satunya obesitas.

Sayangnya, obesitas ini sering dianggap disebabkan oleh porsi makan yang terlalu banyak atau berlebihan daripada yang akan digunakan tubuh untuk energi.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa obesitas kemungkinan merupakan proses yang jauh lebih kompleks dan teori kenaikan "kalori masuk dan kalori keluar" terlalu disederhanakan.

Di Amerika Serikat, sekitar 40 persen populasi mengalami obesitas sampai disebut sebagai epidemi.

Penyebab epidemi obesitas di AS masih diteliti, tetapi sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa penyebab utamanya adalah apa yang kita makan, daripada porsi yang kita makan.

Baca juga: Ini Penyebab Utama Obesitas Menurut Ahli

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Obesitas adalah penyakit, bukan kurangnya kemauan," kata Lauren Harris-Pincus, MS, RDN, ahli diet terdaftar yang berbasis di New Jersey dan penulis "The Protein-Packed Breakfast Club".

Efek kesehatan dari obesitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis.

Beberapa konsekuensi kesehatan fisik dan mental dari obesitas meliputi:

  • Tekanan darah tinggi
  • Sleeping apnea 
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit kardiovaskular
  • Kesehatan mental yang buruk dan kualitas hidup yang menurun

Baca juga: 12 Makanan Sehat untuk Sarapan agar Tidak Kegemukan

Makan berlebihan kemungkinan bukan penyebab obesitas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.