12 Makanan Sehat untuk Sarapan agar Tidak Kegemukan

Kompas.com - 17/09/2020, 08:49 WIB
Ilustrasi sarapan bergizi. Shutterstock.Ilustrasi sarapan bergizi.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak jenis makanan sehat untuk sarapan pagi yang dapat membantu kita meraih berat badan ideal. Tidak hanya lezat rasanya, berbagai sarapan pagi untuk diet ini juga menyehatkan tubuh.

Saat sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, apa yang kita makan di pagi hari memiliki peranan penting. Itulah sebabnya disarankan untuk tidak asal-asalan dalam memilih jenis sarapan.

Memulai pagi dengan makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan rasa lapar dan menghambat usaha mengecilkan perut. Namun sebaliknya, memilih makanan yang sehat untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa ide sarapan pagi untuk diet yang lezat dan juga sehat:

1. Berbagai jenis kacang

Ilustrasi kacang-kacanganGANCINO Ilustrasi kacang-kacangan
Bagi lidah orang Indonesia, mengonsumsi berbagai jenis kacang di pagi hari akan terasa aneh. Namun jangan salah, kacang-kacangan termasuk sebagai golongan sarapan pagi untuk diet yang bisa membantu turunkan berat badan.

Sebuah riset membuktikan, 169 partisipan yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam diet Mediterania mengalami penurunan lingkar pinggang.

Penelitian lainnya juga membuktikan, partisipan yang rutin mengonsumsi kacang almond (84 gram per hari) dalam diet rendah kalori, mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks.

Namun ingat, batasi porsi kacang-kacangan yang kita konsumsi karena makanan ini mengandung kalori yang tinggi. Cukup 28 gram kacang-kacangan saja di pagi hari. Kita juga bisa mencampurnya dengan yogurt atau granola.

Baca juga: 7 Jenis Kacang yang Sehat untuk Dimakan

2. Biji rami

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X