Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2021, 19:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada berbagai cara menghilangkan bau mulut yang dapat dicoba. Namun, ada baiknya menemukan penyebab bau mulut terlebih dahulu sebelum menentukan perawatan yang tepat.

Sering kali, seseorang dianggap bau mulut karena faktor kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Padahal, penyebab bau mulut tak hanya itu.

Penyebab bau mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah salah satu penyebab bau mulut.PIXABAY/STEVE BUISSINNE Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah salah satu penyebab bau mulut.
Bau mulut, atau secara medis dikenal sebagai halitosis, dapat disebabkan karena sejumlah faktor dan bisa merupakan tanda kondisi kesehatan tertentu. Menurut MedicineNet, beberapa penyebab bau mulut antara lain:

  • Kebersihan gigi dan mulut yang buruk bisa menjadi penyebab bau mulut, seperti jarang menyikat gigi atau tidak melakukan flossing rutin.
  • Konsumsi makanan tertentu, seperti bawang putih dan bawang bombay mentah. Keduanya melepaskan substansi setelah dicerna di perut yang menjadi penyebab bau mulut.
  • Merokok.
  • Infeksi mulut, seperti gigi berlubang.
  • Penyakit di hidung atau tenggorokan, seperti sinusitis dan tonsilitis.
  • Mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Ini bisa dikarenakan beberapa faktor seperti kondisi medis, penuaan, konsumsi alkohol, terapi kanker, atau tidur dengan mulut terbuka.
  • Pengobatan, seperti antihistamin, dapat menyebabkan seseorang terus buang air kecil sehingga menjadi penyebab bau mulut.
  • Gangguan asam lambung kronis.
  • Diabetes.
  • Adanya benda asing, seperti sepotong makanan, menyangkut di lubang hidung. Biasanya terjadi pada anak-anak.

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Gigi, Gampang Dipraktikkan

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Sebagai bagian dari cara menghilangkan bau mulut, penting untuk mencegah adanya gigi berlubang dan penyakit gusi, serta mempraktikkan kebersihan gigi dan mulut yang baik.

Menurut Mayo Clinic, beberapa penyebab bau mulut mungkin perlu diatasi dengan perawatan lebih lanjut di dokter gigi, tergantung pada penyebabnya.

Namun, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami yang dapat kita praktikkan di rumah, antara lain:

1. Menyikat gigi setelah makan

Salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami adalah rajin menyikat gigi.SHUTTERSTOCK Salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami adalah rajin menyikat gigi.
Penyebab bau mulut paling umum adalah kondisi kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Untuk itu, salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami adalah rajin menyikat gigi.

Sikatlah gigi menggunakan pasta gigi dengan flouride setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan.

Pasta gigi dengan kandungan antibakteri terbukti membantu sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi jika Jarang Mengganti Sikat Gigi

2. Flossing

Rutin flossing, setidaknya sehari sekali, dapat membantu sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.PEXELS/SORA SHIMAZAKI Rutin flossing, setidaknya sehari sekali, dapat membantu sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.
Lakukan flossing setidaknya satu kali sehari. Flossing dengan baik dan benar bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak di sela gigi dan membantu sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Tak Cukup, Lakukan Flossing untuk Jaga Kebersihan Gigi

3. Menyikat lidah

Lidah menjadi tempat bakteri bersarang. Jadi, menyikatnya dengan hati-hati bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut.SHUTTERSTOCK/ALONA SINIEHINA Lidah menjadi tempat bakteri bersarang. Jadi, menyikatnya dengan hati-hati bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut.
Lidah menjadi tempat bakteri bersarang. Jadi, menyikatnya dengan hati-hati bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut.

Beberapa orang yang memiliki lidah dengan pertumbuhan bakteri berlebih, misalnya karena merokok atau mulut kering, mungkin perlu menggunakan penyikat lidah atau menggunakan sikat gigi yang disertai penyikat lidah.

Baca juga: Cegah Bau Mulut, Jangan Malas Gosok Lidah

4. Membersihkan peralatan gigi dan mulut

Jika memakai alat perawatan gigi, seperti kawat gigi atau bridge, membersihkannya secara menyeluruh sesuai arahan dokter gigi dapat menjadi cara menghilangkan bau mulut.SHUTTERSTOCK Jika memakai alat perawatan gigi, seperti kawat gigi atau bridge, membersihkannya secara menyeluruh sesuai arahan dokter gigi dapat menjadi cara menghilangkan bau mulut.
Jika memakai alat perawatan gigi, seperti kawat gigi atau bridge, membersihkannya secara menyeluruh sesuai arahan dokter gigi dapat menjadi cara menghilangkan bau mulut.

Jika menggunakan alat yang dilepas-pasang, bersihkan setiap kali sebelum memasukannya ke mulut. Mintalah rekomendasi dokter gigi untuk produk pembersih terbaik.

Baca juga: Kapan Usia Terbaik untuk Memakai Kawat Gigi?

5. Mencegah mulut kering

Untuk kasus mulut kering kronis, berkonsultasilah dengan dokter untuk menemukan solusinya sebagai cara menghilangkan bau mulut.UNSPLASH/TOWFIQU BARBHUIYA Untuk kasus mulut kering kronis, berkonsultasilah dengan dokter untuk menemukan solusinya sebagai cara menghilangkan bau mulut.
Untuk menjaga mulut tetap lembap, hindari merokok dan rajin minum air putih, bukan minuman berasa seperti kopi, soda, atau alkohol, karena akan membuat mulut semakin kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com