Kompas.com - 17/10/2021, 11:48 WIB
Ilustrasi deterjen cair SHUTTERSTOCKIlustrasi deterjen cair
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala sesuatu hal yang berlebih-lebihan itu tidak baik, termasuk penggunaan deterjen pada cucian

Meskipun tampaknya lebih banyak sabun dan busa berarti pakaian makin bersih, tetapi justru tidak demikian.

“Apapun mereknya, hindari menggunakan deterjen terlalu banyak,” kata Laura Johnson, analis penelitian dan pengembangan LG Electronics, yang membuat mesin cuci dan pengering.

"Kebanyakan deterjen dapat menghasilkan terlalu banyak busa, membuat penggunaan air  lebih banyak, dan dapat menyebabkan penumpukan endapan di mesin cuci dari waktu ke waktu, lalu menyebabkan masalah bau."

Nah, untuk mengetahui apakah kita terlalu banyak menggunakan deterjen atau tidak, lihat kondisi pakaian basah kita, jika terasa sedikit berlendir, lengket, atau bersabun, ini adalah salah satu tandanya.

"Red flag" lainnya yaitu pakaian basah yang terasa kaku atau sedikit mengeras, pakaian berwarna yang menjadi agak pudar, dan pakaian putih yang telah berubah menjadi pucat atau abu-abu. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan yang terakhir, mesin cuci kita bisa berbau tidak sedap, berjamur, atau apek, karena sabun telah menumpuk dari waktu ke waktu.

Jika ini terjadi, kita harus membersihkan mesin cuci sebelum mencuci lagi. Kita dapat menggunakan soda kue atau cuka, keduanya merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan mesin cuci.

Baca juga: Deterjen Cair dan Bubuk, Mana Lebih Baik?

Kapan harus menggunakan lebih banyak deterjen?

Ada kalanya pakaian kotor membutuhkan lebih banyak deterjen. Jika pakaian kita sangat kotor, menggunakan deterjen ekstra akan membantu menghilangkan kotoran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.