Kompas.com - 25/10/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi perokok usia muda menggunakan rokok elektrik. Tren anak muda dan remaja merokok, khususnya rokok elektrik terus meningkat. SHUTTERSTOCK/eldar nurkovicIlustrasi perokok usia muda menggunakan rokok elektrik. Tren anak muda dan remaja merokok, khususnya rokok elektrik terus meningkat.

KOMPAS.com - Rokok elektrik belakangan ini menjadi alternatif bagi perokok aktif untuk mengobati kecanduan mereka terhadap rokok tembakau.

Sebagian besar percaya, rokok elektrik dapat mengurangi kecanduan menghisap rokok tembakau secara berkala, walau hasilnya tidaklah instan.

Pilihan rokok ini lebih populer ketimbang produk rokok lainnya, terutama bagi anak muda, karena menawarkan berbagai macam rasa, mudah dibawa, dan modelnya yang menarik.

Walau demikian, ternyata rokok elektrik tak sepenuhnya mampu mengurangi tingkat kecanduan seseorang yang biasa menghisap rokok tembakau.

Hal ini dikemukakan dalam studi terbaru yang dipublikasikam secara online di JAMA Network Open pada 19 Oktober yang lalu.

Para peneliti menemukan bahwa di antara orang Amerika yang baru-baru ini berhenti merokok dan beralih menggunakan rokok elektrik, justru memiliki peluang untuk kambuh di masa depan, jika dibandingkan dengan non-pengguna rokok elektrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga mendapati bahwa risiko kambuh sebenarnya meningkat di antara mantan perokok yang beralih menggunakan semua jenis produk tembakau non-rokok, termasuk rokok elektrik, shisha, dan tembakau tanpa asap.

Studi ini dilakukan menyusul keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) yang mengeluarkan izin pertama kali untuk produk rokok elektrik.

Pada pekan lalu, otoritas setempat mengumumkan pemberian izin kepada R.J Reynold Tobacco Company (RJRT) yang akan terus menjual produk vape dengan rasa tembakau Vuse.

FDA memberikan izin itu dengan dalih produk rokok elektrik produksi RJRT dapat menguntungkan perokok dewasa yang kecanduan, baik sepenuhnya atau dengan pengurangan konsumsi rokok yang signifikan dengan mengurangi paparan bahan kimia berbahaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.