Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/01/2022, 08:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Harga minyak goreng tengah melonjak di beberapa daerah di Indonesia. Padahal, minyak goreng banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Beberapa masakan bahkan menggunakan metode deep frying yang menggunakan banyak sekali minyak goreng.

Namun, untuk menyiasati kenaikan harga minyak goreng kita bisa mencoba untuk memasak dengan sedikit minyak, atau bahkan tanpa minyak.

Ide itu juga baik bagi kesehatan. Sebab, meskipun makanan yang digoreng dengan minyak memang terasa lezat, terlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan.

Healthline mencatat, makanan yang digoreng memiliki lemak dan kalori yang lebih tinggi secara signifikan daripada makanan yang tidak digoreng.

Makanan yang digoreng akan dimasak pada suhu sangat tinggi, sehingga makanan tersebut kemungkinan besar tinggi lemak trans.

Lemak trans berkaitan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Mengutip Time, sebuah studi yang dipublikasikan The BMJ merinci bagaimana terlalu banyak makan makanan yang digoreng dapat memengaruhi kesehatan kita dari waktu ke waktu, bahkan meningkatkan risiko kematian, termasuk karena penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Ini Penyebab Harga Minyak Goreng Melonjak

Tips memasak tanpa minyak goreng

Memasak dengan minyak goreng memang lebih mudah. Namun, untuk menyiasati kenaikan harga minyak sekaligus mencegah risiko kesehatan jangka panjang, kita bisa memilih metode memasak lainnya.

Berikut tips memasak tanpa minyak goreng yang bisa kita praktikkan:

1. Berinvestasi dengan wajah antilengket

Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.
Menurut Forkes Over Knives, memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.

Jika tidak menggunakan teflon, kita bisa menggunakan panci stainless steel berkualitas baik dengan alas tebal. Besi cor berlapis enamel dan panci titanium keramik juga merupakan pilihan yang baik.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Bikin Wajan Anti Lengket Tak Tahan Lama

2. Pilih metode panggang (roast)

Dengan memanggang, kita tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi bahan makanan.PIXABAY/JASON KIM Dengan memanggang, kita tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi bahan makanan.
Dengan memanggang, kita tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi bahan makanan. Meskipun, metode ini memang membuat makanan perlu waktu sedikit lebih lama untuk dimasak, hingga akhirnya berwarna kecokelatan dan terpanggang dengan baik.

Menurut Cookist, untuk melakukannya, kita perlu membersihkan bahan-bahan makanan lalu membumbuinya dengan rempah-rempah, rempah-rempah, dan sedikit kaldu sayuran atau campuran ringan (tidak kental) kecap dan air.

Baca juga: Cara Panggang Bakpia agar Tidak Gosong dan Matang Merata

3. Tumis makanan

Metode tumis tak selalu memerlukan mentega atau minyak goreng. SHUTTERSTOCK/Maren Winter Metode tumis tak selalu memerlukan mentega atau minyak goreng.
Metode tumis tak selalu memerlukan mentega atau minyak goreng. Kita bisa menyiasatinya menggunakan sedikit air atau kaldu, sekitar satu atau dua sendok makan.

Kemudian, aduk makanan secara berkala hingga makanan kecokelatan dan mencapai tingkat kematangan yang kita inginkan.

Baca juga: 4 Jenis Minyak Goreng yang Cocok untuk Menumis, Tidak Mudah Gosong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com