Kompas.com - 26/10/2021, 09:05 WIB
Terlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Mencoba memasak tanpa minyak goreng menjadi solusinya. SHUTTERSTOCKTerlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Mencoba memasak tanpa minyak goreng menjadi solusinya.

KOMPAS.com - Harga minyak goreng tengah melonjak di beberapa daerah di Indonesia. Padahal, minyak goreng banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Beberapa masakan bahkan menggunakan metode deep frying yang menggunakan banyak sekali minyak goreng.

Namun, untuk menyiasati kenaikan harga minyak goreng kita bisa mencoba untuk memasak dengan sedikit minyak, atau bahkan tanpa minyak.

Ide itu juga baik bagi kesehatan. Sebab, meskipun makanan yang digoreng dengan minyak memang terasa lezat, terlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan.

Healthline mencatat, makanan yang digoreng memiliki lemak dan kalori yang lebih tinggi secara signifikan daripada makanan yang tidak digoreng.

Makanan yang digoreng akan dimasak pada suhu sangat tinggi, sehingga makanan tersebut kemungkinan besar tinggi lemak trans.

Lemak trans berkaitan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Mengutip Time, sebuah studi yang dipublikasikan The BMJ merinci bagaimana terlalu banyak makan makanan yang digoreng dapat memengaruhi kesehatan kita dari waktu ke waktu, bahkan meningkatkan risiko kematian, termasuk karena penyakit kardiovaskular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Penyebab Harga Minyak Goreng Melonjak

Tips memasak tanpa minyak goreng

Memasak dengan minyak goreng memang lebih mudah. Namun, untuk menyiasati kenaikan harga minyak sekaligus mencegah risiko kesehatan jangka panjang, kita bisa memilih metode memasak lainnya.

Berikut tips memasak tanpa minyak goreng yang bisa kita praktikkan:

1. Berinvestasi dengan wajah antilengket

Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.
Menurut Forkes Over Knives, memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.