Kompas.com - 08/11/2021, 09:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Perut keroncongan, tubuh gemetar, dan muncul rasa gelisah adalah tanda-tanda yang jelas ketika kita sedang kelaparan.

Menurut ahli gizi, Risa Groux, CN, kelaparan adalah penanda kebutuhan fisiologis akan nutrisi untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh.

"Sama seperti mobil yang membutuhkan bahan bakar untuk berfungsi, tubuh kita juga membutuhkan makanan untuk menciptakan energi guna bertahan hidup dan berkembang," jelasnya.

Idealnya, tubuh menghasilkan hormon ghrelin di perut yang memberikan sinyal ke otak bahwa kita membutuhkan makanan. Hormon ini dapat meningkat sebelum makan dan turun setelah makan.

Sementara itu, hormon lainnya dalam sel lemak, yakni leptin juga biasanya akan memberi tahu otak ketika energi yang dimiliki sudah cukup dan tidak perlu mengonsumsi makanan lain.

Namun, terkadang proses ini tidak berjalan sesuai rencana. Bahkan, kita bisa makan lebih banyak dari yang kita butuhkan karena selalu merasa kelaparan.

Ada banyak alasan berbeda mengapa kita sering lapar, termasuk beberapa penyebab rasa lapar yang bisa saja mengkhawatirkan.

Baca juga: Penyebab Tak Terduga Perut Selalu Lapar

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak sejumlah alasan mengapa kita sering lapar, seperti berikut ini.

1. Sudah lama tidak makan

Alasan paling jelas mengapa perut kita mendorong kita untuk memberinya makan adalah karena kita sudah lama tidak makan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.