Kompas.com - 08/11/2021, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Mengecat rambut tidak menjadi satu-satunya cara menghilangkan uban yang dapat kita lakukan.

Jika merasa terganggu dengan keberadaan rambut putih tersebut, terutama jika usia masih terbilang muda, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dicoba.

Sebelumnya, ketahui dulu bahwa rambut mengalami siklus mati alami, yang kemudian diikuti dengan regenerasi. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit warna.

Menurut Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap awal munculnya uban. Meski begitu, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Sebagian orang merasa kemunculan uban bukanlah masalah dan menganggapnya sebagai tanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, sebagian lainnya mencari cara menghilangkan uban karena ingin tampil lebih muda.

Selain mengecat rambut, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa kita praktikkan.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Uban Tak Perlu Dicabut

Cara menghilangkan uban secara alami

Perubahan gaya hidup dapat menjadi cara menghilangkan uban secara alami. Jika cara tersebut masih belum berhasil, kita juga bisa mencoba beberapa perawatan rumahan.

Berikut beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dipraktikkan:

1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Salah satu cara menghilangkan uban secara alami adalah dengan memastikan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi. Termasuk vitamin B-12 yang bisa didapatkan dari telur.
PEXELS/RON LACH Salah satu cara menghilangkan uban secara alami adalah dengan memastikan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi. Termasuk vitamin B-12 yang bisa didapatkan dari telur.
Salah satu cara menghilangkan uban secara alami adalah dengan memastikan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi.

Menurut Healthline, beberapa vitamin yang perlu dipenuhi seperti vitamin B, terutama b-12 dan biotin, serta vitamin D, E, dan A.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.