Kompas.com - 16/11/2021, 12:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memasuki usia 60 tahun ke atas, kita pasti rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, terutama masalah pada persendian dan lutut.

Tanpa mempertahankan pola hidup yang sehat dan cara-cara yang baik menjaga kesehatan, kita dapat dengan mudah mengalami cedera atau nyeri lutut yang bisa sangat menyakitkan.

Nah, untuk menghindarinya, simak beberapa kiat-kiat yang dibagikan oleh para ahli untuk menjaga lutut kita tetap sehat dan bebas rasa sakit di atas usia 60 tahun, seperti berikut ini.

1. Memerhatikan cara duduk

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga lutut tetap sehat sebenarnya tidak memerlukan olahraga sedetik pun. Ini semua tentang bagaimana cara kita duduk.

"Cobalah untuk duduk tanpa menyilangkan kaki atau duduk dengan kaki tertindih di bawah bokong," saran terapis fisik di Preferred Physical Therapy di Kansas City, Sidney Hagge-Cocke, PT, DPT.

"Ketika kita duduk dengan kaki bersilang, lebih banyak tekanan ditempatkan di sendi lutut kita yang dapat menyebabkan iritasi atau rasa sakit yang dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit saat bergerak maju," jelasnya.

2. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

Jika kita melewatkan bagian pemanasan atau pendinginan dari latihan sehari-hari, maka kita bisa membuat lutut kita menjadi lelah.

"Selalu luangkan waktu untuk pemanasan cepat sebelum bergerak. Ini bisa sesederhana melakukan beberapa latihan duduk, termasuk ankle pumping, long arc quad, seated marches, dan hip adduction," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.