Kompas.com - 22/11/2021, 15:59 WIB
Ilustrasi buah untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi PIXABAY/SILVIARITAIlustrasi buah untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi

KOMPAS.com - Masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit paling umum yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Yang lebih mengkhawatirkan, hipertensi tidak memiliki gejala yang pasti, dan kita mungkin tidak mengetahui keberadaannya sampai kita memulai pemeriksaan secara rutin.

Sementara itu, orang-orang yang mengidap hipertensi dalam jangka waktu lama berisiko tinggi terhadap berbagai masalah kesehatan lanjutan.

Baca juga: Garam Himalaya Lebih Sehat untuk Pengidap Darah Tinggi, Benarkah?

Problem kesehatan seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan bahkan gagal ginjal, mengintai para penderita hipertensi yang tak terpantau.

Bukan rahasia lagi, makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata amat memengaruhi kesehatan, terutama dalam menjaga tingkat tekanan darah.

Lantas, apa saja makanan yang harus dikonsumsi dalam proses mengelola hipertensi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bit

Bit adalah salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi untuk jangka pendek dan panjang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengonsumsi bit dalam bentuk jus.PIXABAY/TRACY LUNDGREN Bit adalah salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi untuk jangka pendek dan panjang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengonsumsi bit dalam bentuk jus.
Bit dikenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjadi sumber serat, zat besi, dan vitamin C di antara nutrisi lainnya.

Senyawa lain yang ada dalam umbi-umbian ini adalah nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

Menurut sebuah penelitian di Australia tahun 2021, konsumsi jus bit setiap hari dapat memiliki efek jangka panjang pada manajemen tekanan darah.

Baca juga: Jus Buah Bit, Obat Impotensi Alami yang Lebih Aman

Penelitian ini juga menyatakan, minum segelas jus bit dapat menghasilkan penurunan tekanan darah sebesar lima poin.

Bit juga diketahui mampu meningkatkan aktivitas fisik yang membantu agar tubuh tetap bugar karena bergerak dapat mengurangi kemungkinan peningkatan hipertensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber NDTV
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.