Kompas.com - 27/11/2021, 16:00 WIB
ilustrasi pemeriksaan kesehatan freepik.com/rawpixel.comilustrasi pemeriksaan kesehatan

KOMPAS.com - Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh kita dan mencegah risiko penyakit tertentu.

Namun, banyak anak muda abai melakukannya karena merasa tubuhnya masih bugar dan fit. Padahal, pemeriksaan kesehatan di usia muda sangat penting dan bisa dijadikan investasi pada diri sendiri.

Pasalnya, biaya perawatan kesehatan bisa menjadi sangat mahal apabila kondisinya sudah parah akibat terlambat didiagnosis.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati," kata Janine Darby, MD, pakar kesehatan keluarga dari Montgomery Hospital, Amerika Serikat.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan secara berkala penting agar kita bisa memahami tubuh sendiri. Perilaku ini juga bisa menjadi kebiasaan positif untuk menjaga kesehatan dan mencegah masalah di masa depan.

Baca juga: Check Up Kesehatan, Idealnya Berapa Kali dalam Setahun?

Pemeriksaan kesehatan yang penting jelang usia 30-an

Usia 20-an sampai 30-an identik dengan kondisi tubuh yang masih bugar dan fit. Banyak dari kita memaksimalkan kondisi tubuh ini untuk memiliki aktivitas yang padat termasuk untuk bekerja dan bersosialisasi.

Hal ini pula yang kerap membuat banyak orang meremehkan pentingnya pemeriksaan kesehatan di fase usia ini. 

Setidaknya ada sejumlah pemeriksaan wajib yang sebaiknya kita jalani secara rutin menjelang usia 30-an. Apa saja?

Pemeriksaan kesehatan umum

Pemeriksaan kesehatan umum menjadi dasar untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. General check up ini bisa termasuk pemeriksaan penglihatan dan pendengaran, sesuai kebutuhan.

Pengamatan ini juga penting untuk mendeteksi adanya masalah tidur, berat badan, atau gangguan kesehatan lainnya. Disarankan melakukannya setiap satu sampai tiga tahun, tergantung riwayat kesehatan kita dan keluarga.

Baca juga: 7 Pemeriksaan Kesehatan Penting Sebelum Menikah

Halaman:


Video Pilihan

Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.