Kompas.com - 02/12/2021, 09:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Rambut rontok dan ketombe mungkin meruapkan gangguan yang paling sering kita alami di kulit kepala, terlepas dari bagaimana bentuk rambut kita.

Namun, ruapnya masih ada beberapa masalah dan kondisi yang berhubungan dengan kulit kepala, yang dapat menyebabkan berbagai gejala tak nyaman, mulai dari gatal-gatal hingga ruam kemerahan yang mengagnggu pemandangan.

Nah, berikut beberapa gangguan bagi kulit kepala yang umum terjadi, berikut cara menanganinya.

Psoriasis

Kondisi ini mempengaruhi sekitar satu sampai dua persen populasi manusia dan bisa menimpa siapa saja dan bagian tubuh mana pun, meski jenis kulit kepala adalah salah satu yang paling sulit diobati.

Menurut Seemal Desai, M.D., F.A.D., asisten profesor klinis di Departemen Dermatologi di University of Texas Southwestern Medical Center, hal ini disebabkan karena penumpukan sel-sel kulit menciptakan kulit bersisik, bercak-bercak yang bisa terasa gatal, sakit, mengeras, dan berdarah.

Kondisi yang terlihat seperti plakat merah muda dengan sisik keperakan ini kerap dianggap sebagai kondisi autoimun di mana sel-sel di lapisan atas kulit mengalami overdrive.

Kondisi bisa diperburuk jika kulit kepala sering menerima perlakuan seperti panas dari hair dryer dan cat untuk menutupi uban.

Untuk mengobatinya, bisa dengan steroid topikal, yang mengontrol respon inflamasi, suntikan biologis yang membantu menekan apa yang menyebabkan kondisi ini dalam kasus yang lebih berat, atau dengan laser excimer yang dapat bekerja pada titik-titik individual yang tidak merespons terapi lain.

Desai juga mengungkapkan bahwa rutinitas perawatan rambut yang lebih lembut akan membantu. Selain itu, tidak keramas setiap hari juga dapat mengurangi jumlah ruam kulit. Bahkan, krim minyak terapeutik juga dapat membantu.

Baca juga: Mengenal Scalp Psoriasis dan Perbedaannya dengan Ketombe

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.