Kompas.com - 04/12/2021, 06:00 WIB

KOMPAS.com - "Jangan lupa bahagia". Mungkin kita sering mendengar teman atau kerabat mengucapkan kalimat tersebut kepada kita.

Meski mudah diucapkan, nyatanya banyak orang seolah sudah lupa bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

Padahal, sumber kebahagiaan bisa datang dari mana saja, termasuk dari anjing peliharaan.

Apakah kita pernah memerhatikan jika seekor anjing bisa merasa bahagia dengan melakukan sesuatu yang sederhana?

Baca juga: Kenapa Mata Anjing Bisa Merah?

Hewan berbulu itu dapat menemukan kebahagiaan dari bermain, berlari-lari di taman, memeroleh selimut yang nyaman, hingga mengibaskan ekor ketika tuannya tiba di rumah.

Di dunia yang dipenuhi beragam masalah dan rutinitas yang membuat kita stres, ada banyak hal yang dapat dipelajari manusia tentang kebahagiaan dari seekor anjing.

1. Merangkul kepuasan

Belajar menjadi puas adalah keterampilan yang sebaiknya dimiliki, terutama dalam masyarakat individualistis di mana penghargaan sosial dan materi biasanya didapat dari persaingan dan ambisi.

Namun dalam proses mendapatkan penghargaan sosial, orang seringkali lupa untuk merasa puas dengan aspek kehidupan mendasar, seperti adanya sinar matahari setelah hujan melanda selama seminggu -misalnya.

Sudah berabad-abad anjing hidup bersama manusia, tetapi hewan itu tampaknya tidak lupa untuk bahagia, hanya karena memiliki makanan yang enak atau selimut yang hangat.

Pernahkah kita melihat anjing mendapatkan kesenangan hanya dari menggaruk selimut, atau ketika hewan itu diberi mainan yang sederhana oleh kita?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.