Kompas.com - 06/12/2021, 09:14 WIB
Kopi mungkin menjadi pilihan teratas dalam daftar minuman penghilang ngantuk karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Namun, FDA mengingatkan bahwa terlalu banyak konsumsi kopi bisa memberikan sejumlah dampak kesehatan. Unsplash/Maria ShaninaKopi mungkin menjadi pilihan teratas dalam daftar minuman penghilang ngantuk karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Namun, FDA mengingatkan bahwa terlalu banyak konsumsi kopi bisa memberikan sejumlah dampak kesehatan.

KOMPAS.com - Kopi mungkin menjadi pilihan teratas dalam daftar minuman penghilang ngantuk.

Dengan kandungan kafein tinggi, kopi memang bisa membantu kita merasa lebih segar dan terjaga.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menganjurkan batasan konsumsi kopi 400 miligram per hari. Satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 80-100 miligram kafein.

Menurut Mayo Clinic, minum kopi lebih dari empat cangkir sehari berpotensi menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, insomnia, detak jantung lebih cepat, dan tremor otot.

Memilih minuman penghilang ngantuk selain kopi bisa membantu mengurangi asupan kopi harian demi mencegah risiko kesehatan serius.

Baca juga: 7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Minuman penghilang ngantuk

Selain kopi, berikut beberapa minuman penghilang ngantuk yang dapat dicoba:

  • Air putih dingin

Air putih dingin dapat menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk yang baik, termasuk untuk pagi hari.PEXELS/PIXABAY Air putih dingin dapat menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk yang baik, termasuk untuk pagi hari.

Air putih dingin dapat menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk yang baik, termasuk untuk pagi hari.

Minum air putih segera setelah bangun tidur dapat membantu mengatasi masalah dehidrasi yang terjadi sepanjang malam.

Menurut Today, kebanyakan orang tidak minum cukup air secara umum dan sering kali dehidrasi. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan gejala seperti kelelahan dan ngantuk sepanjang hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.