Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2021, 05:50 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Minum air putih setelah bangun tidur mungkin terdengar sepele. Namun, kebiasaan ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kita bisa saja minum delapan gelas sehari sepanjang hari, tetapi tubuh secara alami akan kehilangan hidrasinya selama kita tidur.

Apalagi pada individu yang mendengkur atau bernapas melalui mulut selama tidur.

Kondisi tersehut membuat tubuh kita melepaskan hormon vasopresin untuk memastikan tubuh menahan air selama periode tidur.

Namun, vasopresin paling meningkat selama jam tidur yang lebih lama. Artinya, jika kita tidak tidur setidaknya selama delapan jam, kemungkinan besar kita akan mengalami dehidrasi di pagi hari.

Menurut PureWow, minum air putih setelah bangun tidur akan membantu menghidrasi kembali sistem tubuh kita.

Jadi, pastikan minum air putih setelah bangun tidur, setidaknya segelas, sebelum beralih ke minuman lainnya atau beraktivitas.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Beberapa manfaat minum air putih setelah bangun tidur antara lain:

  • Menghidrasi tubuh

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang utama adalah menghidrasi tubuh.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang utama adalah menghidrasi tubuh.

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang utama adalah menghidrasi tubuh, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menurut USA Today, menghidrasi tubuh pertama kali ketika bangun tidur membantu membangun kebiasaan sehat dan membangun rutinitas yabg memungkinkan kita mendaparkan cukup hidrasi sepanjang hari.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa, Menghidrasi Tubuh Hingga Menyehatkan Kulit

  • Melancarkan pencernaan

Melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur membantu sistem metabolisme tubuh berfungsi dengan optimal.PIXABAY/DERNEUEMANN Melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur membantu sistem metabolisme tubuh berfungsi dengan optimal.

Bukan berarti minum saja bisa membakar lemak tubuh. Namun, menurut ahli gizi teregistrasi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey kepada USA Today, salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur membantu sistem metabolisme tubuh berfungsi dengan optimal.

Minum air putih membantu menghilangkan bakteri buruk di sistem tubuh kita dan memungkinkan bakteri baik tumbuh di usus.

Minum air putih setelah bangun tidur juga membantu kita untuk buang air kecil lebih banyak dan memperlancar pencernaan, di mana keduanya adalah cara alami untuk membuang racun dan kotoran dari tubuh.

Baca juga: 11 Gangguan Sistem Pencernaan dan Cara Mengatasinya


Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com