Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 07:52 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasanya, setiap hari kita melihat berbagai produk perawatan kulit baru dengan klaim menarik, membuat kita tergoda untuk mencicipinya.

Namun, bukan berarti kita bisa sembarangan mencobanya. Sebab, kita harus selalu melihat bahan baku produk tersebut.

Tentu, memilih produk dari perusahaan dengan reputasi baik akan membantu, karena biasanya produknya dirancang untuk bekerja dengan baik bersama produk dalam lininya.

Hal ini akan membuat kita makin yakin dengan kualitas produk dan mungkin lebih dapat memprediksi bagaimana kulit akan bereaksi untuk mencoba produk yang berbeda di lini yang sama.

Baca juga: Kerendahan Hati dalam Menciptakan Inovasi Perawatan Kulit Berbasis Personalisasi

Sebelum memilih produk, ingatlah bahwa kulit bertindak sebagai perisai pelindung dan paling rentan terhadap elemen luar.

Kesehatannya pun dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesehatan dan kondisi tubuh, memengaruhi pilihan produk perawatan kulit yang perlu kita gunakan.

Nah, untuk memahami caranya, simak penjelasan dari Nandeeta Manchandaa, pendiri ENN -produsen make up organik dan natural.

  • Vitamin

Tubuh membutuhkan semua vitamin penting untuk berfungsi dengan baik. Karena itu, jika ada vitamin yang terlewat, maka efeknya juga akan terlihat pada kulit.

Misalnya saja, munculnya bintik hitam dan pigmentasi yang sering terjadi pada orang dengan masalah melanin, atau pada wanita hamil.

Jadi, produk kaya vitamin C adalah pilihan cerdas untuk mengatasi masalah ini.

  • Kehamilan

Faktor kesehatan utama lainnya yang memengaruhi pemilihan produk perawatan kulit adalah kehamilan!

Wanita hamil mengalami perubahan 360 derajat, baik secara internal maupun eksternal, saat hormon mereka berada di puncaknya.

Pasalnya, perubahan hormon bisa memicu reaksi alergi, sehingga diperlukan batasan penggunaan produk atau aplikasi bahan tertentu juga.

Baca juga: Mengenal Hand Lift, Perawatan Kulit Tangan agar Tampak Lebih Muda

Umumnya, wanita hamil akan diminta menjauh sementara dari retinol -kandungan yang biasa ditemukan dalam produk anti aging.

Selain itu, benzoil peroksida dan asam salisilat (biasa ditemukan dalam pencuci wajah dan pembersih), minyak esensial (bahan dasar untuk serum dan minyak wajah), juga sebaiknya dihindari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com