Kompas.com - 07/12/2021, 13:31 WIB
. VOGUE/Erwin Wurm .

KOMPAS.com - Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, tak mengherankan jika Vogue menyebut nilon sebagai salah satu kain paling menarik dalam sejarah fesyen.

Sebab, nilon tergolong kokoh, tahan air, terjangkau, dan cocok sebagai bahan baku untuk berbagai item, mulai dari gaun couture hingga tas sehari-hari.

Pada koleksi musim semi 2021 saja, berbagai brand, baik high dan low fashion, terlihat berlomba-lomba membuat tas berbahan nilon.

Sebut saja backpack nilon utilitarian dari Sacai, shoulder bag berlogo Alexander McQueen, dan tas tote mini dengan quilt dari Marni.

Miu Miu pun tak mau ketinggalan, dengan merilis padded tote dengan aksen bintang yang hadir dalam warna ungu dan merah muda, cocok untuk chalet ski bergaya retro-chic.

Baca juga: Kisah Tas Nilon yang Kini Kembali Tren

Nilon sebenarnya telah ditemukan sejak tahun 1938 silam. Namun, kegunaannya sebagai pakaian kerap diasosiasikan dengan Perang Dunia II.

Saat itu, bahan pembuatan stoking diubah dari sutra menjadi nilon karena harganya yang mudah dan lebih mudah dirawat.

“Nilon mungkin mengalami kebangkitan karena alasan yang sama; ini adalah alternatif yang terjangkau, dan menawarkan kemudahan penggunaan dan perawatan.”

Demikian kata Sarah Collins, profesor mode di SCAD.

“Karena ketika menghadapi masa perselisihan dan ketidakpastian, seperti Perang Dunia II atau, katakanlah, pandemi, konsumen fokus untuk menggunakan dana mereka dengan bijak,” tambah dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Vogue
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.