Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 13:58 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com – Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang selama pandemi Covid-19. Selain mengisi waktu, olahraga juga bisa membuat tubuh selalu bugar.

Tren berolahraga di rumah semakin meningkat akibat ditutupnya gym dan pusat olahraga. Karena tidak ada pilihan, akhirnya banyak orang memilih untuk menggerakkan tubuhnya sembari menonton video panduan di internet.

Walau aktivitas ini punya segudang manfaat, tak sedikit orang yang justru mengalami cedera karena tidak berolahraga dengan benar. Mereka mengeluhkan nyeri di punggung bawah, keseleo pergelangan kaki, hamstring, dan masih banyak lagi.

Agar kamu tidak mengalami kejadian itu, sebaiknya olahraga di rumah dilakukan dengan langkah yang benar. Supaya lebih paham, simak tipsnya yang berikut ini.

1. Cek ruangan

Tidak semua rumah memiliki gym atau cukup ruang yang dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga di rumah dengan peralatan dan ruang yang ada.

"Pastikan ada ruang cukup luas sehingga Anda tidak menabrak apa pun saat bergerak,” saran Kepala Pelatih di StoopidFit, Jumha Aburezeq.

Aburezeq mengatakan bahwa ia juga menyarankan kliennya untuk menempatkan cermin di ruang olahraga di rumah saat melakukan latihan ketahanan seperti angkat besi. Alasannya, bentuk tubuh yang kurang tepat adalah penyebab utama cedera saat melakukan latihan ini.

Dan, jika kamu hendak berolahraga di permukaan yang keras, siapkan juga handuk untuk mengelap keringat yang menetes di lantai supaya tidak terpeleset.

Sementara itu, seorang pelatih pribadi yang juga juara dunia powerlifter, Robert Herbst meminta orang-orang yang ingin berolahraga di rumah untuk memeriksa ketinggian langit-langit jika mereka berencana untuk latihan angkat beban atau lompat tali.

Ia juga menyarankan mereka untuk membersihkan ruang olahraga di rumah dari potensi bahaya, seperti karpet atau benda lain yang goyah.

"Karpet bisa menyebabkan seseorang terpeleset. Dan, beberapa gambar mungkin jatuh dari dinding karena getaran jika kita menjatuhkan barbel,” kata Herbst.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Manfaat push up sangatlah beragam, termasuk meningkatkan massa otot dan kesehatan kardiovaskularSHUTTERSTOCK Manfaat push up sangatlah beragam, termasuk meningkatkan massa otot dan kesehatan kardiovaskular
2. Pakailah pakaian yang sesuai

Aburezeq menyampaikan, sebaiknya saat seseorang berolahraga di rumah, mereka mengenakan pakaian yang memungkinkan tubuh bisa bergerak secara nyaman dan bebas.

Terutama saat melakukan latihan yang membutuhkan banyak pergerakan, seperti high-intensity interval training atau HIIT.

Selain itu, ada baiknya juga kamu memakai sepatu kets supaya tidak mudah terpeleset atau tersandung saat bergerak.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com