Kompas.com - 07/12/2021, 13:58 WIB

KOMPAS.com – Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang selama pandemi Covid-19. Selain mengisi waktu, olahraga juga bisa membuat tubuh selalu bugar.

Tren berolahraga di rumah semakin meningkat akibat ditutupnya gym dan pusat olahraga. Karena tidak ada pilihan, akhirnya banyak orang memilih untuk menggerakkan tubuhnya sembari menonton video panduan di internet.

Walau aktivitas ini punya segudang manfaat, tak sedikit orang yang justru mengalami cedera karena tidak berolahraga dengan benar. Mereka mengeluhkan nyeri di punggung bawah, keseleo pergelangan kaki, hamstring, dan masih banyak lagi.

Agar kamu tidak mengalami kejadian itu, sebaiknya olahraga di rumah dilakukan dengan langkah yang benar. Supaya lebih paham, simak tipsnya yang berikut ini.

1. Cek ruangan

Tidak semua rumah memiliki gym atau cukup ruang yang dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga di rumah dengan peralatan dan ruang yang ada.

"Pastikan ada ruang cukup luas sehingga Anda tidak menabrak apa pun saat bergerak,” saran Kepala Pelatih di StoopidFit, Jumha Aburezeq.

Aburezeq mengatakan bahwa ia juga menyarankan kliennya untuk menempatkan cermin di ruang olahraga di rumah saat melakukan latihan ketahanan seperti angkat besi. Alasannya, bentuk tubuh yang kurang tepat adalah penyebab utama cedera saat melakukan latihan ini.

Dan, jika kamu hendak berolahraga di permukaan yang keras, siapkan juga handuk untuk mengelap keringat yang menetes di lantai supaya tidak terpeleset.

Sementara itu, seorang pelatih pribadi yang juga juara dunia powerlifter, Robert Herbst meminta orang-orang yang ingin berolahraga di rumah untuk memeriksa ketinggian langit-langit jika mereka berencana untuk latihan angkat beban atau lompat tali.

Halaman:
Sumber CNN


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.