Kompas.com - 07/12/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi remaja putri bersama ibunya. Dok. iStockphotoIlustrasi remaja putri bersama ibunya.

KOMPAS.com - Menstruasi merupakan salah satu tanda pubertas pada anak perempuan. Mereka biasanya akan mengalami menstruasi pertama pada rentang usia 11-14 tahun.

Momen pertama kali menstruasi sering dinantikan oleh si anak dan orang tuanya. Dan, hal ini bisa dijadikan tanda bahwa ia sudah akan memasuki masa akil balig.

Dalam beberapa kasus, menstruasi bisa saja dialami oleh anak perempuan di bawah usia 10 tahun. Tapi, tak sedikit juga anak perempuan yang harus menunggu hingga usia 15 tahun untuk mendapatkan menstruasi pertamanya.

Walau usia 15 tahun sebenarnya belum terlalu lambat untuk mengalami menstruasi pertama, si anak dan orang tua biasanya akan mulai khawatir.

Baca juga: Komunikasikan Hal Berikut Saat Remaja Putri Mengalami Menstruasi Pertama

Menstruasi umumnya dimulai antara 2 tahun setelah anak perempuan melihat tanda-tanda pubertas pertama.

Tanda-tanda itu meliputi perkembangan payudara maupun pertumbuhan rambut kemaluan. Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa menstruasi pertama bisa terjadi sejak usia 8 hingga 15 tahun.

WebMD mencatat bahwa 15, 98 persen remaja telah mendapatkan menstruasi mereka. Sementara itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), terjadi percepatan usia bagi anak perempuan untuk pertama kali mengalami mestruasi.

Saat ini usia rata-rata anak perempuan yang sudah merasakan haid terjadi pada usia 11,9 tahun. Ini menjadi lebih muda dari tahun 1995 ketika usia rata-rata anak perempuan menstruasi adalah 12,1 tahun.

Baca juga: Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya

Tidak segera menstruasi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa usia 15 tahun sebenarnya belum terlalu lambat untuk mengalami menstruasi pertama, walau banyak anak perempuan akan mengkhawatirkan hal ini jika benar-benar terjadi.

Faktor genetika mungkin memberikan banyak pengaruh bagi perkembangan tubuh, termasuk ketika anak perempuan mengalami terlambat menstruasi hingga usia 15 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.