Kompas.com - 08/12/2021, 18:21 WIB
Ilustrasi penyakit ginjal, stadium penyakit ginjal, gagal ginjal stadium Shutterstock/mi_viriIlustrasi penyakit ginjal, stadium penyakit ginjal, gagal ginjal stadium

KOMPAS.com - Kesehatan ginjal adalah aset berharga bagi tubuh. Pasalnya, ginjal berfungsi untuk membuang racun, menyeimbangkan kadar air, dan menyaring darah dalam tubuh.

Ginjal tidak sehat dapat mengakibatkan penumpukan racun yang bisa menimbulkan penyakit dan memperburuk kondisi kesehatan seseorang.

Ada sejumlah gejala yang mengindikasikan ginjal bermasalah, atau bahkan terserang penyakit. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari hal ini.

Menurut, National Kidney Foundation (NKF), sekitar 90 persen orang dengan penyakit ginjal tidak menyadari bahwa ginjal mereka bermasalah. Ini adalah data yang mengejutkan, tapi patut untuk diwaspadai.

"Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala sampai tahap yang sangat akhir," ujar kepala klinis nefrologi di NYU Langone Health di New York, David Goldfarb, MD.

Karena hal itu, sangat penting bagi seseorang yang berusia di atas 60 tahun, menderita diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan gangguan autoimun, untuk menjalani pemeriksaan rutin terhadap ginjalnya.

Tetapi, menurut spesialis ginjal di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Staci Leisman, MD ada gejala ringan yang dapat muncul, baik di tahap awal maupun tahap selanjutnya saat ginjal mulai bermasalah.

Baca juga: 10 Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Tak Boleh Disepelekan

Apa saja gejala awal penyakit ginjal?

Dr. Leisman membeberkan sejumlah gejala yang dapat muncul pada tahap awal penyakit ginjal, sebelum ginjal mengalami terlalu banyak kerusakan.

1. Buang air kecil di malam hari

Pada siang hari, kelebihan cairan dalam tubuh dapat menumpuk di pergelangan kaki dan betis saat berdiri dan duduk.

Tapi, ketika seseorang tidur di malam hari, cairan berlebih yang menumpuk akan langsung bergerak menuju ke ginjal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Health.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.