Kompas.com - 09/12/2021, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Jika sedang mencari tips pernikahan yang bahagia, penting untuk memahami terlebih dahulu bahwa berbagi hidup dengan orang lain bisa menjadi tantangan.

Pernikahan yang bahagia tak hanya membutuhkan cinta, tetapi juga komitmen dan rasa hormat.

Namun, pernikahan yang dilandasi rasa cinta dan saling hormat tidak tercipta begitu saja. Masing-masing harus berusaha melakukan bagiannya dengan baik demi menciptakan rumah tangga yang bahagia.

Baca juga: 4 Kebiasaan dalam Pernikahan yang Jadi Pemicu Perceraian

Tips pernikahan yang bahagia

Setiap pasangan berbeda, begitu juga dengan hubungan. Jadi, tidak ada formula ajain yang berlaku untuk semua.

Jika mencari cara untuk menjaga perkawinan tetap langgeng dan harmonis untuk jangka panjang, cobalah mempraktikkan beberapa tips perkawinan yang bahagia berikut:

  • Komunikasi rutin dan jelas

Salah satu tips pernikahan yang bahagia adalah membangun komunikasi rutin dan jelas bersama pasangan.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Salah satu tips pernikahan yang bahagia adalah membangun komunikasi rutin dan jelas bersama pasangan.

Menurut University of Rochester Medical Center, salah satu tips pernikahan yang bahagia adalah membangun komunikasi rutin dan jelas bersama pasangan.

Cobalah menjaga kejujuran satu sama lain, tetai tetap bersikap baik dan hormat selama berkomunikasi.

Bagian dari komunikasi yang baik adalah menjadi pendengar yang baik dan meluangkan waktu untuk memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pasangan dari kita.

Jaga agar jalur komunikasi tetap terbuka dengan sering berbicara, bukan hanya membahas tentang hal-hal seperti tagihan dan anak-anak. Cobalah saling mengomunikasikan pikiran dan perasaan.

Baca juga: 8 Tanda Komunikasi Tak Sehat dalam Pernikahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.