Kompas.com - 09/12/2021, 13:25 WIB
Alpukat adalah buah yang menyehatkan dan memberikan kita sejumlah nutrisi, tapi apakah makan alpukat setiap hari baik atau buruk bagi kesehatan? PIXABAY/KJOKKENUTSTYRAlpukat adalah buah yang menyehatkan dan memberikan kita sejumlah nutrisi, tapi apakah makan alpukat setiap hari baik atau buruk bagi kesehatan?

KOMPAS.com - Alpukat adalah buah yang menyehatkan dan memberikan kita sejumlah nutrisi, tapi apakah makan alpukat setiap hari baik atau buruk bagi kesehatan?

Alpukat dikenal mengandung lemak sehat yang baik bagi tubuh.

Selain itu, manfaat alpukat juga termasuk tinggi serat sehingga kita merasa kenyang lebih lama dan pencernaan lebih lancar.

Menurut Cleveland Clinic, alpukat juga tinggi kalium, salah satu elektrolit penting untuk jantung, otot, dan proses tubuh lainnya.

Alpukat juga membantu tubuh menyerap vitamin larut, seperti A, D, E, dan K yang masing-masing punya manfaat tersendiri bagi tubuh.

Vitamin E, misalnya, penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Secara umum, kandungan lemak sehat yang tinggi dalam alpukat membantu mendukung fungsi otak dan memori yang sehat.

Meski begitu, makan alpukat setiap hari, atau dalam jumlah yang berlebihan, tetap tidak dianjurkan. Apa sebabnya?

Baca juga: 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Pas Kematangannya

Dampak makan alpukat setiap hari

Tidak ada satu jawaban sederhana untuk menjelaskan apakah boleh makan alpukat setiap hari. Apalagi, tubuh setiap orang merespons makanan secara berbeda-beda. Namun, seperti apapun yang dilabeli makanan sehat, ada kecenderungan sebagian orang mengonsumsinya secara berlebihan.PEXELS/FRANKLIN ANDRES HERNANDEZ Tidak ada satu jawaban sederhana untuk menjelaskan apakah boleh makan alpukat setiap hari. Apalagi, tubuh setiap orang merespons makanan secara berbeda-beda. Namun, seperti apapun yang dilabeli makanan sehat, ada kecenderungan sebagian orang mengonsumsinya secara berlebihan.

Menurut ahli gizi fungsional Ariana Cucuzza, RD, tidak ada satu jawaban sederhana untuk menjelaskan apakah boleh makan alpukat setiap hari. Apalagi, tubuh setiap orang merespons makanan secara berbeda-beda.

Namun, seperti apapun yang dilabeli "makanan sehat", ada kecenderungan sebagian orang mengonsumsinya secara berlebihan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.