Kompas.com - 11/12/2021, 20:19 WIB

KOMPAS.com - Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga agar kita terhindar dari risiko penularan virus, bakteri, maupun kuman.

Apalagi di tengah perubahan cuaca yang semakin tidak menentu, sistem kekebalan berperan penting supaya tubuh tetap bugar.

Ada beberapa cara untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara yang biasa dilakukan adalah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran agar kebutuhan nutrisi harian tercukupi.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh ternyata juga dapat ditingkatkan melalui perubahan kebiasaan hidup sehari-hari.

"Beberapa hal yang kita lakukan meningkatkan kekebalan alami. Sementara yang lain menekan fungsi kekebalan," kata Neil Schachter, MD, profesor kedokteran Maurice Hexter di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York, AS.

Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Memperkuat Sistem Imun

Untuk memahami bagaimana kebiasaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ketahuilah bahwa ada dua tipe dasar kekebalan dalam tubuh.

Yaitu, kekebalan tubuh bawaan dan yang didapat dari infeksi virus, bakteri, maupun kuman.

Dalam hal ini, sistem kekebalan tubuh bawaan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama bagi tubuh.

"Ketika agen infeksi, seperti bakteri atau virus, mencoba menyerang tubuh, ia segera menghadapi sistem kekebalan bawaan, yang memiliki beberapa komponen, yang masing-masing bertindak untuk membatasi akses ke tubuh," kata Dr. Schachter.

Kekebalan pertama melibatkan kulit dan saluran pernapasan. Kekebalan tubuh di kulit hampir tidak dapat ditembus, sedangkan saluran pernapasan ditutupi oleh sekresi lendir, yang menjebak agen infeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.