Kompas.com - 16/01/2022, 18:25 WIB

KOMPAS.com - Memelihara kelembapan kulit tak cukup hanya dengan memakai pelembab tubuh. Kita juga perlu memastikan kulit terhidrasi dengan baik lewat asupan makanan dan minuman yang tepat.

Kulit kita mengandung 30 persen air, yang berkontribusi pada kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu kulit tampak sehat.

“Jika kulit terlihat kering, bersisik, atau teriritasi, mungkin sudah waktunya untuk memperhatikan hidrasi dan kebiasaan makan Anda,” kata ahli nutrisi Aria Novitasari dalam siaran pers.

Ia mengatakan, konsumsi air 8 gelas sehari merupakan langkah awal untuk memastikan kulit terhidrasi. Namun, selain air putih kita juga bisa mendapatkan "air" dari beberapa jenis makanan.

"Kesehatan kulit juga akan terjaga jika pola konsumsi makanan didominasi oleh makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E," kata member of the Dietetic Advisory Board and Outer Nutrition Advisory Board, Herbalife Nutrition ini.

Baca juga: Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat dan Aman

Berikut adalah beberapa jenis asupan yang bisa menjadi sumber hidrasi bagi tubuh:

- Sayur dan buah
Buah-buahan dan sayuran tidak hanya tinggi serat tetapi juga air. Ada beberapa jenis buah yang kandungan airnya lebih dari 90 persen, sekaligus memiliki kandungan antioksidan tinggi, contohnya adalah semangka dan juga jeruk.

"Faktanya, dibandingkan dengan tomat, stroberi, atau jambu biji, semangka menawarkan jumlah antioksidan yang baik. Buah ini jgua bisa dinikmati sepanjang tahun," kata Aria.

Selain itu, jangan absen untuk mengonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran tertentu, seperti bayam, wortel, dan brokoli, memiliki kandungan air lebih dari 80 persen.

- Yogurt
Selain dapat membantu kesehatan pencernaan, yogurt juga berkontribusi pada asupan cairan. Karena satu porsi yogurt mengandung sekitar 80-89 persen air.

Baca juga: Mengenal Polyglutamic Acid, Kandungan Skincare yang Sangat Melembapkan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.