Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2022, 18:25 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Memelihara kelembapan kulit tak cukup hanya dengan memakai pelembab tubuh. Kita juga perlu memastikan kulit terhidrasi dengan baik lewat asupan makanan dan minuman yang tepat.

Kulit kita mengandung 30 persen air, yang berkontribusi pada kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu kulit tampak sehat.

“Jika kulit terlihat kering, bersisik, atau teriritasi, mungkin sudah waktunya untuk memperhatikan hidrasi dan kebiasaan makan Anda,” kata ahli nutrisi Aria Novitasari dalam siaran pers.

Ia mengatakan, konsumsi air 8 gelas sehari merupakan langkah awal untuk memastikan kulit terhidrasi. Namun, selain air putih kita juga bisa mendapatkan "air" dari beberapa jenis makanan.

"Kesehatan kulit juga akan terjaga jika pola konsumsi makanan didominasi oleh makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E," kata member of the Dietetic Advisory Board and Outer Nutrition Advisory Board, Herbalife Nutrition ini.

Baca juga: Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat dan Aman

Berikut adalah beberapa jenis asupan yang bisa menjadi sumber hidrasi bagi tubuh:

- Sayur dan buah
Buah-buahan dan sayuran tidak hanya tinggi serat tetapi juga air. Ada beberapa jenis buah yang kandungan airnya lebih dari 90 persen, sekaligus memiliki kandungan antioksidan tinggi, contohnya adalah semangka dan juga jeruk.

"Faktanya, dibandingkan dengan tomat, stroberi, atau jambu biji, semangka menawarkan jumlah antioksidan yang baik. Buah ini jgua bisa dinikmati sepanjang tahun," kata Aria.

Selain itu, jangan absen untuk mengonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran tertentu, seperti bayam, wortel, dan brokoli, memiliki kandungan air lebih dari 80 persen.

- Yogurt
Selain dapat membantu kesehatan pencernaan, yogurt juga berkontribusi pada asupan cairan. Karena satu porsi yogurt mengandung sekitar 80-89 persen air.

Baca juga: Mengenal Polyglutamic Acid, Kandungan Skincare yang Sangat Melembapkan

- Acar
Acar biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan dan sebagai penambah rasa. Tahukah Anda bahwa acar juga berkontribusi pada kandungan air keseluruhan makanan? Acar mengandung lebih dari 90 persen air.

Volume ini berasal dari proses fermentasi yang sering kali mencakup penambahan bentuk cair dan bumbu lain untuk membantu mempertahankan atau meningkatkan kadar airnya.

- Sup
Sup adalah makanan pembuka lain yang bisa ditambahkan ke makanan. Semangkuk sup hangat sebelum makan malam dapat membantu meringankan sistem pencernaan, sehingga siap menerima hidangan utama.

- Smoothie atau Protein Shake
Shake adalah cara yang bagus dan nyaman untuk meningkatkan asupan cairan. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera, Jika buah favorit Anda tidak ada dalam daftar ini, Anda dapat mencampur bahan sendiri dan bahkan menambahkan bubuk protein. Banyak buah-buahan yang tidak hanya tinggi kandungan airnya, tetapi juga menyediakan serat.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com