Kompas.com - 08/02/2022, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Unggahan cerita dari salah seorang pemilik akun Facebook bernamaReza Fahd Adrian baru-baru ini membuat heboh jagat media sosial.

Pasalnya, dalam cerita itu Reza bercerita tentang bagaimana dia gagal menyeberang ke Pulau Bali karena dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes antigen.

Yang mengejutkan, keadaan itu tak mengurungkan niat dia untuk berwisata, dan lantas memilih tujuan ke Malang dan Batu, sebagai pengganti Bali.

Dalam unggahan itu, dia bahkan memamerkan foto ketika tengah berbelanja di toko oleh-oleh, sambil menceritakan bagaimana gejala Omicron yang dirasakannya ringan-ringan saja.

Sontak unggahan Reza menuai kecaman. Bahkan, pihak kepolisian turun tangan menangani unggahan itu.

Baca juga: Buntut Pengunjung Positif Covid-19 Keluyuran, 30 Pegawai Toko Lai Lai Malang Dites Antigen

Berkaca dari kasus tersebut, walau keakuratan tes antigen masih mungkin meleset, akan sangat bijaksana untuk segera mengisolasi diri bila dinyatakan positif Covid-19.

Perlu diketahui bahwa tes antigen bekerja dengan mencari protein virus, daripada materi genetik virus.

Tes antigen kemudian mencari nukleokapsid atau protein N yang berlimpah dalam sel yang terinfeksi dan membentuk kapsul pelindung di sekitar materi genetik virus.

Tes antigen mengambil sampel seseorang di selembar kertas khusus yang berisi pagar antibodi yang dirancang untuk menangkap protein virus.

Jika cukup protein yang tersangkut di media itu maka garis warna yang dapat terlihat akan muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.