Kompas.com - 15/02/2022, 13:09 WIB

KOMPAS.com - Ada beragam latihan yang bisa menguatkan otot tubuh, salah satunya bisa memperkuat tubuh bagian bawah kaki seperti latihan lunges.

Lunges merupakan latihan penguatan kaki yang populer karena banyaknya variasi gerakan yang memungkinkan kita menekan otot atau bagian yang berbeda.

Latihan ini bermanfaat untuk pencegahan cedera, serta pemulihan setelah mengalami cedera.

Tak mengherankan apabila lunges sering menjadi bagian dari program kekuatan dasar yang memungkinkan atlet untuk kembali ke arena secepat mungkin.

Baca juga: Cukup Latihan Angkat Beban 3 Detik Sehari demi Jaga Otot, Bisa?

Lunges juga merupakan latihan fungsional yang dapat mempersiapkan kita untuk melalukan gerakan yang dibutuhkan sehari-hari.

Manfaat lunges

Latihan lunges sebenarnya bisa meningkatkan metabolisme manusia dan membantu orang-orang menurunkan berat badan lebih cepat.

Latihan ini di sisi lain juga bisa menjadi cara untuk menurunkan kelebihan berat badan dengan mengalihkan fokusnya latihan pada bentuk dan kekuatan tubuh bagian bawah.

Dalam hal ini, lunges membantu stabilitas inti sebab selama latihan kita akan dibantu mencapai kerangka otot inti yang lebih kuat dan lebih stabil.

Peningkatan keseimbangan bisa dicapai dengan lunges jika kita benar-benar melatih satu bagian tubuh dari yang lain pada waktu tertentu.

Dengan begitu, lunges bisa menjadi cara untuk dapat membantu mencapai tingkat keseimbangan dan koordinasi yang jauh lebih baik.

Baca juga: Rahasia Diet Mantan Manusia Terkuat di Dunia, demi Membentuk Otot

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Marca
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.