Kompas.com - 15/02/2022, 18:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengganti warna rambut tentu akan membuat penampilan lebih segar dan menarik. Namun, menggantinya terlalu sering bisa merusak tekstur rambut.

Nah, sebaiknya berapa lama jarak waktu untuk mengganti dari satu warna rambut ke warna lainnya?

“Untuk ganti warna rambut, idealnya tiga bulan sekali ya. Jadi, mau retouch warna atau ganti itu jedanya tiga bulan,” ujar penata rambut Adinda Sebastian dalam webinar Online Media Gathering - Rudy Hadisuwarno Cosmetics “Bebas Berekspresi Dengan Gaya Rambut Tanpa Takut Rontok Dengan Rudy Hadisuwarno Cosmetics” pada Selasa (15/2/2022)

Menurutnya, jika rambut dicat sebelum tiga bulan, rambut masih berada dalam kondisi rapuh. Jadi, dia sangat menyarankan untuk mengganti warna rambut dalam jangka waktu di atas tiga bulan dari pewarnaan sebelumnya.

Namun untuk yang ingin beralih dari warna cat hitam ke warna lainnya, Adinda mengungkapkan bahwa butuh jeda waktu yang cukup lama sebelum dapat menggantinya ke warna lain.

Tak hanya itu, menurutnya, akan sulit untuk mengganti warna dari hitam ke warna lainnya, Sebab, hitam merupakan warna permanen.

“Kalau sudah dicat dengan warna hitam, akan sulit untuk menggantinya ke warna lain. Soalnya cat hitam itu permanen dan menghilangkan pigmen merah. Jadi, biasanya aku arahkan ke warna yang brown aja, nggak bisa sampai terang banget,” kata Adinda.

Karena itu, Adinda selalu meminta pelanggannya untuk bersabar untuk menjalani prosesnya yang panjang.

“Daripada mereka rambutnya rusak, jadi aku arahkan untuk sabar step by step,” kata dia.

Lalu untuk membuat rambut tetap sehat meski diwarnai, Adinda juga meminta agar pemilik rambut berwarna tidak malas-malasan dalam merawat rambutnya dengan sampo, hair mask, atau conditioner dan memakai produk perawatan yang berkualitas.

Menurut Adinda, pertama-tama kita harus mengetahui dulu tipe rambut, apakah berwarna atau blok permanen karena perawatannya berbeda.

“Kalau untuk rambut berwarna, itu bisa pakai sampo khusus rambut berwarna supaya warna nggak cepat pudar,” katanya.

Conditioner juga, karena rambut biasanya kehilangan kelembutannya setelah bleaching atau diwarnai. Lalu bisa diselingi juga dengan memakai hair mask. Terakhir, jangan lupa untuk memilih produk yang berkualitas, jangan asal viral, main pakai aja,” pungkasnya.

Baca juga: Ingin Mewarnai Rambut, Jangan Lupakan Tips Perawatan Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.